PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DAN PEMANFAATAN LIVE STREAMING PADA SISWA PKL JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI TUREN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34211Keywords:
Pelatihan, Konten, Live Streaming, Siswa PKLAbstract
Pengabdian ini berupa pelaksanaan pelatihan pembuatan konten dan pemanfaatan live streaming yang ditujukan kepada siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI Turen. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dalam era digital, khususnya dalam menciptakan konten pemasaran yang menarik dan efektif melalui platform digital, serta memanfaatkan live streaming sebagai alat interaksi dan promosi bisnis. Metode dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan. Proses pengabdian dilakukan melalui 4 tahap yaitu proses perencanaan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam mengembangkan strategi pemasaran digital dan penggunaan teknologi live streaming secara optimal. Pemasaran produk secara online yang telah dipromosikan melalui konten serta live streaming memberikan pengalaman yang konkret sehingga siswa PKL mampu membuat konten sesuai dengan minat pasar seperti konten-konten yang FYP. Selain itu, para siswa PKL juga bisa menguasai live streaming serta pengoperasian aplikasi yang digunakan pada live streaming. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang bisnis daring dan pemasaran dan sekaligus mampu mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja dengan keahlian yang sesuai dengan tuntutan industri saat ini.References
Agustina, L. (2020). Viralitas Konten Di Media Sosial. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160. https://www.researchgate.net/publication/348296842
Aiman, U., Derta, S., Supriadi, S., & ... (2023). Perancangan Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Darul Ulum Muara Kiawai Pasaman Barat. … Journal of Learning …, 02(01), 1–16.
Ali, M. K., & Sukardi, S. (2021). Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 161.
Azalia, D., & Amin, M. (2023). Analisis Penerapan Live Streaming Shopee dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan di PT Erju Dermatologi Indonesia. Management, and Industry (JEMI), 6(2), 117–132. https://doi.org/10.36782/jemi.v6i2.2435
Hikmah, N., Zaini, A., & Santoso, H. (2023). Analisis Efektifitas Quality of Service pada Jaringan Kabel di Lingkungan SMK PGRI Turen. Fakultas Sains Dan Teknologi-Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, 5(1), 2023.
Neswari, W. T. W. A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) Program Kelas Alfamidi Dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Bidang Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Pgri 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(2), 1701–1709. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n2.p1701-1709
Prasetyowati, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan Dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik Di Smk Selama Pandemic Covid 19. Jurnal Riptek, 15(2), 69–74.
Inonu, S, H. (2022). Hubungan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa. Jurnal Economic Edu, 3(1), 6–11. https://doi.org/10.36085/jee.v3i1.3525
Sulfemi, W. B. (2023). Peminatan Pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dengan Motivasi Influencer Bisnis Siswa. Jurnal Soshum Insentif, 6(1), 36–45. https://doi.org/10.36787/jsi.v6i1.983
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nufidatul Mahmudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










