PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BACA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.33613Keywords:
literasi, pendidikan dasar, Program Kampus MengajarAbstract
Peningkatan literasi pada tingkat sekolah dasar adalah salah satu tantangan utama dalam sistem pendidikan di Indonesia. Program Kampus Mengajar yang melibatkan mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah dasar menjadi bentuk untuk mengatasi permasalahan literasi peserta didik. Penelitian memiliki tujuan untuk mengevaluasi peran mahasiswa dalam meningkatkan literasi di SDN Semolowaru I-261 melalui Program Kampus Mengajar 7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar 7 memberikan dampak positif signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa. Mahasiswa tidak hanya membantu dalam pembelajaran literasi dasar, tetapi juga membawa inovasi dan metode pengajaran yang lebih menarik, kreatif dan interaktif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk evaluasi dan pengembangan lebih lanjut mengenai Program Kampus Mengajar. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memainkan peran penting dalam upaya peningkatan literasi di SDN Semolowaru I-261 serta memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bagian dari strategi nasional untuk meningkatkan literasi di IndonesiaReferences
Diyan Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2019). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah, 166–173.
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Nabilla, T. F., Ditia, D. T., & Widyawati, S. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Mitra Guru Dan Sekolah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Di SD Negeri 01 Lubuk Gadang, Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1265–1271. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.336
Nadia Anisah fauziah, Hernadianto, Rina Yuniarti, & Mirra Sriwahyuni. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 434–441. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3873
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Pahlawan, A. Y., & Wibawani, S. (2023). Strategi Peningkatan Budaya Literasi Melalui Program Gendis Sewu di Perpustakaan Rakyat Pangesangan Kota Surabaya. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i1.2079
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Lutfi Dwi Lestari, Wa Ode Meliasari, & Ifit Novita Sari. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Yuliawati, Hemassa Wijayaning, Pramesti Nisaul Fitriyah, Muhammad Irfandi Aditya, Maulidiya Firdausi Putri, Moch. Arshall Rizqulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










