PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BACA PESERTA DIDIK

Authors

  • Evi Yuliawati Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Hemassa Wijayaning Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Pramesti Nisaul Fitriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Irfandi Aditya Universitas Negeri Surabaya
  • Maulidiya Firdausi Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Moch. Arshall Rizqulloh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.33613

Keywords:

literasi, pendidikan dasar, Program Kampus Mengajar

Abstract

Peningkatan literasi pada tingkat sekolah dasar adalah salah satu tantangan utama dalam sistem pendidikan di Indonesia. Program Kampus Mengajar yang melibatkan mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah dasar menjadi bentuk untuk mengatasi permasalahan literasi peserta didik. Penelitian memiliki tujuan untuk mengevaluasi peran mahasiswa dalam meningkatkan literasi di SDN Semolowaru I-261 melalui Program Kampus Mengajar 7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar 7 memberikan dampak positif signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa. Mahasiswa tidak hanya membantu dalam pembelajaran literasi dasar, tetapi juga membawa inovasi dan metode pengajaran yang lebih menarik, kreatif dan interaktif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk evaluasi dan pengembangan lebih lanjut mengenai Program Kampus Mengajar. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memainkan peran penting dalam upaya peningkatan literasi di SDN Semolowaru I-261 serta memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai bagian dari strategi nasional untuk meningkatkan literasi di Indonesia

References

Diyan Nurhasanah, A., & Nopianti, H. (2019). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah, 166–173.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Nabilla, T. F., Ditia, D. T., & Widyawati, S. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Mitra Guru Dan Sekolah Dalam Pengembangan Model Pembelajaran Di SD Negeri 01 Lubuk Gadang, Solok Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1265–1271. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.336

Nadia Anisah fauziah, Hernadianto, Rina Yuniarti, & Mirra Sriwahyuni. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 434–441. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3873

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Pahlawan, A. Y., & Wibawani, S. (2023). Strategi Peningkatan Budaya Literasi Melalui Program Gendis Sewu di Perpustakaan Rakyat Pangesangan Kota Surabaya. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.47313/pjsh.v8i1.2079

Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437

Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Lutfi Dwi Lestari, Wa Ode Meliasari, & Ifit Novita Sari. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Yuliawati, E., Wijayaning, H., Fitriyah, P. N., Aditya, M. I., Putri, M. F., & Rizqulloh, M. A. (2025). PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN MINAT BACA PESERTA DIDIK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 2422–2428. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.33613

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.