PEMBINAAN ROHANI ANAK DENGAN METODE JnE BIBLE STUDY DI KOTA BATAM

Authors

  • Ramayani Nggadas Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
  • Ulisaut Parningotan Nainggolan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta
  • Natalia Natalia Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia Batam
  • Boyes Agustina Mase Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia Batam
  • Endang Puspita Bani Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia Batam
  • Viktor Baitanu Sekolah Tinggi Teologi Rajawali Arastamar Indonesia Batam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33332

Keywords:

Permbinaan rohani Anak, Metode Joy and Enjoy (JnE), Bible Study, Kota Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Joy and Enjoy (JnE) Bible Study dalam pembinaan rohani anak di Kota Batam. Metode JnE Bible Study merupakan pendekatan inovatif yang dirancang untuk membuat pembelajaran Alkitab lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan sejumlah kelompok anak-anak yang mengikuti program pembinaan rohani menggunakan metode JnE. Data dikumpulkan melalui observasi langsung saat kegiatan serta analisis dokumen kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode JnE Bible Study berhasil meningkatkan minat dan keterlibatan anak-anak dalam aktivitas rohani, serta memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran Alkitab. Selain itu, metode ini juga berdampak positif terhadap perkembangan karakter dan nilai-nilai moral anak. metode JnE Bible Study merupakan strategi yang efektif dalam pembinaan rohani anak dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan spiritual mereka di Kota Batam.

References

Baker, A. (2018). Teologi, Studi Biblika, dan Misi. Indonesian Journal of Theology, 5(1), 99–131. https://doi.org/10.46567/ijt.v5i1.36

Beckwith, I. (2011). Gembalakanlah Anak-anak Domba-Ku. Yogyakarta: Andi Publiser.

Cook, T. D., & Sinha, V. (2012). Randomized Experiments in Educational Research. In Handbook of Complementary Methods in Education Research (pp. 551–565). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9780203874769-38

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–6.

Franke, W. (2017). A Theology of Literature: The Bible as Revelation in the Tradition of the Humanities. Pasadena: Cascade Books.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Askara.

Hutahaean, H. (2015a). Hubungan Penelaahan Alkitab Metode BGA, Keaktifan Dalam Pelayanan, Keharmonisan Kehidupan Keluarga Dengan Kualitas Iman Pada Para Pelayan Di Yayasan Pancar Alkitab Sumatera Utara Tahun 2014. In Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara (p. 275). Medan: STT Sumatera Utara.

Hutahaean, H. (2015b). Menemukan Mutiara Dalam Kejadian (F. Tambunan, Ed.). Medan: Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan.

Hutahaean, H., Mangentang, M., Wibowo, M., & Pakpahan, R. T. (2022). Implementasi Pelatihan Metode Baca Gali Alkitab (BGA) Berbasis Genre Kitab bagi Anak Asrama GBI Rock Sikakap. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 3(2), 75–86. https://doi.org/10.34307/kinaa.v3i2.68

Indah, G. P. (2014). Bible Camp “Aku Murid Kristus.” Retrieved from Situs Komunitas Jemaat Gereja Kristen Pondok Indah Jakarta website: https://gkipi.org/bible-camp-aku-murid-kristus/

Kemenristekdikti, D. P. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. 1–103.

Kinan. (2022). Tak Cuma Hiburan, Ini 10 Manfaat Rekreasi Bagi Anak yang Jarang Diketahui. Retrieved from HaiBunda website: https://www.haibunda.com/parenting/20220519205909-61-274307/tak-cuma-hiburan-ini-10-manfaat-rekreasi-bagi-anak-yang-jarang-diketahui

Lie, P. (2021). Merormasi Sekolah Minggu 8 Kiat Praktis Menjadikan Sekolah Minggu Berpuast Pada Anak. Yogyakarta: Andi Publiser.

Manurung, J. L., Siallagan, T., Rabetuka, A., Malik, M., & Hutahaean, H. (2022). Literasi Kitab Suci Yang Sederhana dan Praktis di SMA NEGERI 1 Sipora, Kab Mentawai. JURNAL NAULI Pengabdian Masyarakat, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.1234/jurnal%20nauli.v2i1.1025

Nome, N., Zamasi, S., Sarumpaet, S., & Simanjuntak, L. Z. (2023). Edukasi dan Upaya Konseling Kristen bagi Remaja. Journal on Education, 5(3), 9529–9544. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1244

Robert Siby, J. D. K. (2024). Pengaruh Rekreasi Sebagai Sarana Pendidikan dalam meningkatkan Mental Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 416–424.

Saly, J. S., & Hutahaean, H. (2020). Pengaruh Khotbah Dalam Ibadah Minggu Terhadap Kedewasaan Iman Jemaat Di GKSI Merauke. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 225–243. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.165

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ, 9(1), 79–94.

Wibowo, M., Tanhidy, J., & Ming, D. (2022). The role of the Holy Spirit for Church Believers in the Hermeneutic context between Biblical Authority, Illumination and Interpretation. Pharos Journal of Theology, 103(2), 1–9. https://doi.org/10.46222/pharosjot.103.2039

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Nggadas, R., Nainggolan, U. P., Natalia, N., Mase, B. A., Bani, E. P., & Baitanu, V. (2024). PEMBINAAN ROHANI ANAK DENGAN METODE JnE BIBLE STUDY DI KOTA BATAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9611–9619. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33332

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.