PEMBINAAN ROHANI ANAK DENGAN METODE JnE BIBLE STUDY DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.33332Keywords:
Permbinaan rohani Anak, Metode Joy and Enjoy (JnE), Bible Study, Kota BatamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Joy and Enjoy (JnE) Bible Study dalam pembinaan rohani anak di Kota Batam. Metode JnE Bible Study merupakan pendekatan inovatif yang dirancang untuk membuat pembelajaran Alkitab lebih menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan sejumlah kelompok anak-anak yang mengikuti program pembinaan rohani menggunakan metode JnE. Data dikumpulkan melalui observasi langsung saat kegiatan serta analisis dokumen kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode JnE Bible Study berhasil meningkatkan minat dan keterlibatan anak-anak dalam aktivitas rohani, serta memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran Alkitab. Selain itu, metode ini juga berdampak positif terhadap perkembangan karakter dan nilai-nilai moral anak. metode JnE Bible Study merupakan strategi yang efektif dalam pembinaan rohani anak dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan spiritual mereka di Kota Batam.References
Baker, A. (2018). Teologi, Studi Biblika, dan Misi. Indonesian Journal of Theology, 5(1), 99–131. https://doi.org/10.46567/ijt.v5i1.36
Beckwith, I. (2011). Gembalakanlah Anak-anak Domba-Ku. Yogyakarta: Andi Publiser.
Cook, T. D., & Sinha, V. (2012). Randomized Experiments in Educational Research. In Handbook of Complementary Methods in Education Research (pp. 551–565). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9780203874769-38
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–6.
Franke, W. (2017). A Theology of Literature: The Bible as Revelation in the Tradition of the Humanities. Pasadena: Cascade Books.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Askara.
Hutahaean, H. (2015a). Hubungan Penelaahan Alkitab Metode BGA, Keaktifan Dalam Pelayanan, Keharmonisan Kehidupan Keluarga Dengan Kualitas Iman Pada Para Pelayan Di Yayasan Pancar Alkitab Sumatera Utara Tahun 2014. In Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara (p. 275). Medan: STT Sumatera Utara.
Hutahaean, H. (2015b). Menemukan Mutiara Dalam Kejadian (F. Tambunan, Ed.). Medan: Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan.
Hutahaean, H., Mangentang, M., Wibowo, M., & Pakpahan, R. T. (2022). Implementasi Pelatihan Metode Baca Gali Alkitab (BGA) Berbasis Genre Kitab bagi Anak Asrama GBI Rock Sikakap. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 3(2), 75–86. https://doi.org/10.34307/kinaa.v3i2.68
Indah, G. P. (2014). Bible Camp “Aku Murid Kristus.” Retrieved from Situs Komunitas Jemaat Gereja Kristen Pondok Indah Jakarta website: https://gkipi.org/bible-camp-aku-murid-kristus/
Kemenristekdikti, D. P. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. 1–103.
Kinan. (2022). Tak Cuma Hiburan, Ini 10 Manfaat Rekreasi Bagi Anak yang Jarang Diketahui. Retrieved from HaiBunda website: https://www.haibunda.com/parenting/20220519205909-61-274307/tak-cuma-hiburan-ini-10-manfaat-rekreasi-bagi-anak-yang-jarang-diketahui
Lie, P. (2021). Merormasi Sekolah Minggu 8 Kiat Praktis Menjadikan Sekolah Minggu Berpuast Pada Anak. Yogyakarta: Andi Publiser.
Manurung, J. L., Siallagan, T., Rabetuka, A., Malik, M., & Hutahaean, H. (2022). Literasi Kitab Suci Yang Sederhana dan Praktis di SMA NEGERI 1 Sipora, Kab Mentawai. JURNAL NAULI Pengabdian Masyarakat, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.1234/jurnal%20nauli.v2i1.1025
Nome, N., Zamasi, S., Sarumpaet, S., & Simanjuntak, L. Z. (2023). Edukasi dan Upaya Konseling Kristen bagi Remaja. Journal on Education, 5(3), 9529–9544. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1244
Robert Siby, J. D. K. (2024). Pengaruh Rekreasi Sebagai Sarana Pendidikan dalam meningkatkan Mental Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 416–424.
Saly, J. S., & Hutahaean, H. (2020). Pengaruh Khotbah Dalam Ibadah Minggu Terhadap Kedewasaan Iman Jemaat Di GKSI Merauke. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 225–243. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i2.165
Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2020). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. Seminar Nasional Pengambdian Masyarakat LPPM UMJ, 9(1), 79–94.
Wibowo, M., Tanhidy, J., & Ming, D. (2022). The role of the Holy Spirit for Church Believers in the Hermeneutic context between Biblical Authority, Illumination and Interpretation. Pharos Journal of Theology, 103(2), 1–9. https://doi.org/10.46222/pharosjot.103.2039
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ramayani Nggadas, Ulisaut Parningotan Nainggolan, Natalia Natalia, Boyes Agustina Mase, Endang Puspita Bani, Viktor Baitanu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










