PELATIHAN MENDESAIN BANNER MENGGUNAKAN TELEPON SELULER BAGI PELAKU UMKM DI RPTRA FLAMBOYAN MENTENG DALAM TEBET

Authors

  • Supriadi Supriadi Universitas Sahid
  • Aska Leonardi Universitas Sahid
  • Sumiyati Sumiyati Universitas Sahid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31325

Keywords:

Pelatihan, Banner, Usaha Kuliner, Telepon Seluler

Abstract

Tim Pengabdian pada masyarakat Universitas Sahid Jakarta bermitra dengan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Flamboyan menyelenggarakan pelatihan mendesain banner menggunakan telepon seluler dengan aplikasi Canva. Tujuan dilaksanakan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pemasangan banner atau spanduk sebagai media promosi, cara mendesain banner dan menyusun pesan yang menarik dan persuasif dengan mudah menggunakan telefon seluler, sehingga dapat memperluas pasar usaha kuliner ibu-ibu sekitar RPTRA ini. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu pertama pemberian materi tentang pentingnya pembuatan banner sebagai media promosi produk bagi ibu-ibu pelaku usaha kuliner skala mikro yang bermukin di sekitar RPTRA Flamboyan. Kedua pendampingan praktek cara mendesain banner oleh tim pengabdian pada masyarakat Fikom Usahid, agar ibu-ibu usaha mikro sekitar RPTRA Flamboyan, selain memahami, tetapi dapat mendesain banner dan menyusun pesannya yang menarik, sehingga dapat berfungsi sebagai media promosi produk dagangannya. Setelah dilakukan evaluasi, dapat dikemukakan bahwa peserta pelatihan sangat antisias mengikuti kegatan pelatihan. Kemudian, dapat dikemukakan juga bahwa pelatihan mendesain banner dengan menggunakan telepon seluler berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu-ibu yang berjualan di sekitar RPTRA Flamboyan. Hal ini ditunjukan dengan  hasil post test lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pretest. Selain itu pada taraf yang bervariasi peserta pelatihan mampu mendesain banner dengan menggunakan telepon seluler, sehingga setelah pelatihan para peserta dapat mendesain banner sebagai media promosi produk dagangannya, sehingga akan meningkatkan penjualan produk.

References

Leonardi, Aska. Sumiyati. Tanjung. 2022. Optimalisasi Komunikasi Pemasaran Digital Bagi Pengusaha Kuliner Sate Soto Khas Suramadu Haji Saih Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, E- ISSN: 2620-942X. Vol. 5, No. 1, 2022, Hal. 15-20. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/834.

Leonardi, Aska. Sumiyati. Rahayunianto, Arry. 2022. Penguatan Personal Selling Bagi Pemilik dan Pegawai Warung Tegal Kharisma di Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan. Berdaya: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, e-ISSN: 2721-6381. Vol. 4, No. 2 Aug. 2022, pp. 55-64. https://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/BERDAYA/article/view/654.

Nurhayaty, Ety. Marginingsih, Ratnawaty. Susilowati, Isnurrini Hidayat. Pramularso, Eigis Yani. 2022. Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI. E-ISSN: 2614-6711. Vol. 5 No. 1 Februari 2022 Hal. 69-77. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas.

Permana, Dony Indra. 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji di Jawa Timur. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. E- ISSN: 25274635. Volume 2 Nomor 1 April 2017: 116-123. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa.

Rahman, Nadya Nur. Utami, Rahayu Sri. Raden, Agung Zainal Muttakin. 2018. Analisis Tipografi Pada Spanduk Pemasaran Perumahan. Jurnal Desain. E-ISSN: 2339-0115. Vol. 05 No. 03, Mei-Agustus 2018 hal 250-257. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2572.

Muslim dan Qonita, Hubungan Spanduk Edukasi dengan Kesadaran Warga Tentang Covid- 19 (Kasus: Wilayah Kedung Waringin Kota Bogor), Jurnal Media, Bahasa, Sastra, Budaya Wahana, Vol.28, No. 1, Tahun 2022.

Suhendra, Roeisse, Pujiarti, 2024, Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan, EMABI : Ekonomi Dan Manajemen Bisnis - Vol. 3. No. 1 (2024) (Studi Kasus Pada PT Prapat Tunggal Cipta)

Susanto, Teguh Tri. Kusnadi, Eddy. Retno, Laurensia. 2018. Penggunaan Spanduk dan Brosur Sebagai Bahan Penunjang Media Publikasi Kegiatan (Studi Pada Ibu-Ibu Pengurus Yayasan Uswatun Hasanah, Pancoran Mas Depok Jawa Barat). Jurnal Abdimas BSI. E-ISSN: 2614- 6711. Vol. 1 No. 3 Agustus 2018, Hal. 576-584. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4168.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Supriadi, S., Leonardi, A. ., & Sumiyati , S. . (2024). PELATIHAN MENDESAIN BANNER MENGGUNAKAN TELEPON SELULER BAGI PELAKU UMKM DI RPTRA FLAMBOYAN MENTENG DALAM TEBET . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7389–7399. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31325

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.