ANALISIS HASIL PEMASARAN PADI CIHERANG PADA KELOMPOK TANI GAGING GATANG, DI DUSUN SOLOT, DESA TEBUK, KECAMATAN NITA, KABUPATEN SIKKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30569Keywords:
Analisis Pemasaran, Kesejahteraan Petani, Rantai PemasaranAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk menganalisis pemasaran padi ciherang pada kelompok tani Gaging Gatang yang ada di Dusun Solot, Desa Tebuk, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Pemasaran hasil adalah salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Sehingga strategi pemasaran sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Data yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah observasi, dokumentasi, data primer dan data sekunder. Observasi adalah pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan, dokuemntasi adalah cara untuk menyediakan gambar-gambar kegiatan, data primer di peroleh dari wawancara pada 18 orang petani sedangkan data sekunder diperoleh dari pembukuan kelompok tani Gaging Gatang. Metode analisis data yaitu analisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, margin pemasaran, dan biaya pemasaran. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pertimbangan dan perbaikian untuk kelompok tani Gaging Gatang dalam menjual hasil pertanian yang diperoleh agar dapat memperoleh kesejahteraan. Dalam kegiatan yang telah dilaksanakan kelompok tani Ganging Gatang selama ini belum memperoleh keuntungan dikarenkan rantai pemasaran yang panjang yang berupa: Petani (produsen) ke Pedagang Pengepul menuju Pedagang Pengecer kemudian terakhir ke Konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin panjang rantai pemasaran padi ciherang maka semakin sedikit pula pendapatan yang diperoleh sebaliknya semakin pendek rantai pemasaran padi ciherang maka petani akan mendapatkan kentungan maksimal. Target dari kegiatan pengabdian masyarakat pada kelompok tani Gaging Gatang, Dusun Solot, Desa Tebuk, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, yaitu harapannya dengan dilakukannya analisis pemasaran padi ciherang maka dapat meningkatkan pengetahuan petani terkait teknik pemasaran yang tepat dalam rangka meningkatkan pendapatan petani.Downloads
Published
2024-06-29
How to Cite
Noni, S. ., Karmila, K. ., Rato, A., Nurak, F. A. ., & Hege, Y. H. . (2024). ANALISIS HASIL PEMASARAN PADI CIHERANG PADA KELOMPOK TANI GAGING GATANG, DI DUSUN SOLOT, DESA TEBUK, KECAMATAN NITA, KABUPATEN SIKKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5765–5769. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30569
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sarlina Noni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.