PENDAMPINGAN PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PGSD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA RAMU BOGOR

Authors

  • Ayi Abdurahman Universitas Nusa Putra
  • Rasona Sunara Akbar Politeknik Imigrasi
  • Setiawati Setiawati Universitas Nusa Putra
  • Sri Erwini Christine Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30287

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, Model Pembelajaran PGSD, Pendampingan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi karena kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Ramu Bogor, yang masih cenderung menggunakan metode pengajaran tradisional dan kurang interaktif. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pedagogik guru melalui pendampingan pelatihan model Pembelajaran PGSD (Presentation Group Support Division), yang dikenal efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan guru dalam seluruh proses identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dilakukan dalam beberapa sesi yang meliputi teori dan praktik, dengan fokus pada teknik-teknik pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok, simulasi, dan proyek kolaboratif. Pendampingan oleh tim peneliti dilakukan secara berkelanjutan untuk membantu guru mengimplementasikan model PGSD di kelas. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual dan keterampilan praktis guru mengenai pembelajaran PGSD. Guru-guru mampu menerapkan teknik-teknik baru yang lebih interaktif, yang berdampak positif pada partisipasi dan motivasi belajar siswa. Selain itu, terbentuk komunitas belajar guru yang solid, yang memungkinkan mereka untuk terus belajar dan berkembang bersama. Kesimpulan dari program ini adalah bahwa pendampingan pelatihan model Pembelajaran PGSD efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Ramu Bogor. Dengan pendampingan yang tepat dan berkelanjutan, model pembelajaran PGSD dapat diimplementasikan dengan baik di tingkat sekolah menengah, memberikan dampak positif pada kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa. Program ini memberikan bukti bahwa investasi dalam pelatihan dan pendampingan guru yang berkelanjutan adalah kunci untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Author Biography

Sri Erwini Christine, Universitas Nusa Putra

       

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Abdurahman, A. ., Akbar, R. S. ., Setiawati, S., & Christine, S. E. . (2024). PENDAMPINGAN PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PGSD DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMA RAMU BOGOR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5695–5703. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30287

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.