DESAIN POJOK BACA INSPIRATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BAUBAU

Authors

  • Azaz Akbar Universitas Muhammadiyah Buton
  • Manan Manan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Masri Masri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Viqah Akmalia Subardin Azis Muna Universitas Muhammadiyah Buton
  • Lista Lista Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30206

Keywords:

Pojok Baca, Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini merupakan hasil pengabdian kolaborasi dengan SD Negeri 1 Baubau pada tahun 2024, dengan topik Desain Pojok Baca Inspiratif Di Sekolah Dasar Negeri 1 Baubau. Bertujuan untuk menambah fasilitas pendukung peningkatan literasi baca siswa dan meningkatkan pelaksanaan program kreatif pojok baca dalam peningkatan pemanfaatanya. Berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca dan peningkatan literasi siswa. Desain pojok baca ini memanfaatkan ruang yang ada dengan optimal, memperhatikan faktor kenyamanan, estetika, dan fungsionalitas. Metode yang digunakan meliputi survei kebutuhan, analisis ruang, dan konsultasi dengan pihak sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada kegiatan sebelum dilakukan tindakan, minat baca di SD Negeri 1 Baubau masih rendah namun setelajh dilakukan penambahan koleksi di beberapa pojok baca yang sudah tersedia, maka animo peserta didik dalam menggunakan bahan bacaan semakin baik. Kondisi yang kedua adalah tentang sarana pojok baca yang kurang memadai, setelkah dilakukan tindakan, SD Negeri 1 Baubau mengalami penambahan fasilitas sarana pojok baca. Kondisi ketiga yaitu tentang ruang kelas yang kurang termanfaatkan, dengan dilakukan tindakan berupa pembuatan pojok baca, ruang kelas di SD Negeri 1 Baubau dari segi pemanfaatan ruangan lebih efektif dan efisien..

References

Agustyn, I. N., & Supriyanto. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL (TIK-TOK) TERHADAP KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR Izza. PGSD,FIP Universitas Negeri Surabaya.

Assyifa, D., Sulistiani, A., Hadizein, F. A., Karimah, U., & Ayuhan. (2022). Perpustakaan mini dan minat baca: Upaya pengembangan literasi siswa di sdn Pondok Cabe Ilir 01. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ.

Hasanah, AM, A. U. (2018). Analisis Keterlambatan dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Anak kembar). Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS).

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813

Mohammad Syam’un Salim, A. C. S. D. (2013). Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen. At-Ta’dib. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Mutia. (2021). CHARACTERISTICS OF CHILDREN AGE OF BASIC EDUCATION. FITRAH: International Islamic Education Journal. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330

Richardson, J. (2014). Maryanne Wolf: Balance technology and deep reading to create biliterate children. Phi Delta Kappan. https://doi.org/10.1177/0031721714557447

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Akbar, A. ., Manan, M., Masri, M., Muna, V. A. S. A. ., & Lista, L. (2024). DESAIN POJOK BACA INSPIRATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BAUBAU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5445–5453. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30206

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.