BIMBINGAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE HANDRYMATIKA DI RUMAH BACA RAMBUTAN

Authors

  • Amalia Retno Wulandari Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Grace Stela Hasugian Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Risna Ula Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Disna Anum Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nurhafni Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Desniarti Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29232

Keywords:

Literasi Numerasi Matematika, Handrymatika

Abstract

Minat belajar anak terhadap pelajaran Matematika dapat juga didasari karna rendahnya kemampuan dasar literasi numerasi Matematika yang dimiliki seorang anak. Berhitung dalam pelajaran matematika sangat penting dan diperlukan  dan dikuasai bagi anak-anak khusunya Sekolah Dasar. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan menggunakan media dan metode belajar yang menarik.  Lokasi penelitian ini bertempatan di Jalan Letda Sujono, Gang Rambutan No. 32, Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang.Teknik dari penggunaan  dalam penelitian ini ialah menggunakan jari-jari tangan untuk menyelesaikan permasalahan operasi hitung yaitu penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.  Metode pelaksanaan kegiatan  dilakukan  melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penelitian  ini bertujuan untuk memperkenalkan literasi numerasi matematika menggunakan handrymatika. Melalui  penggunaan alat peraga handrymatika diharapkan anak memiliki literasi numerasi matematika dengan baik.  Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan para peserta anak-anak di Rumah Baca Rambutan secara antusias dan aktif mengikuti  kegaitan dalam menghitung cepat menggunakan handrymatika. Metode Handrymatika memberikan dampak yang sangat berguna pada saat proses berhitung  sehingga anak-anak di Rumah Baca Rambuta dapat dengan mudah menerapkannya di sekolah dan di kehidupan sehari.

References

Aisiya, E. L., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Jarimatika pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Negeri 02 Kemiri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18115–18122.

Arahmah, F., Banindra Yudha, C., & Ulfa, D. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 2015, 209–218.

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung. 2(2), 79–87.

Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97

Joleha, Yenie, E., Fitri, K., Ikhsan, M., Azmi, M. I., Ramadhani, A. P., Valera, R. V., Sembiring, D. F., Lestari, F. N., Amrullah, J. R., Ilham, M. R., Putri, A. H., Ekonomi, F., Riau, U., Perikanan, F., Riau, U., Keguruan, F., Riau, U., Bina, K., … Pekanbaru, K. (2023). MENGURANGI LIMBAH RUMAH TANGGA Implementation of Waste Management with the 3R Concept in Reduce Household Waste. 4(2), 72–77.

Lesmana, D., Darni, Y., Utami, H., Lismeri, L., & Sulistyanti, S. R. (2022). Pemberdayaan Pengelola Sampah Plastik Dengan Aplikasi Centrifugal Dryer Yang Menguntungkan Secara Ekonomi Di Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 6(3), 174. https://doi.org/10.23960/jss.v6i3.380

Maniarta Sari, T., & Haidar, I. (2022). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 LP2M UST Jogja Bimbingan Literasi Numerasi Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Kepada Siswa SD Negeri 1 Lamokato. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2022, 800–810.

Muryani, E., Widiarti, I. W., & Savitri, N. D. (2020). Pembentukan Komunitas Pengelola Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5647

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Purkon, D. B., Kusmiyati, M., Trinovani, E., Aisyah, Z. A. N., Syahla, N., Ansyirohanisa, A., Amalia, V. N., & Fadhlillah, F. M. (2023). Pelatihan Pembuatan Masker Wajah Tipe Peel-Off dari Herba Lumut Hati Marchantia paleacea dan Daun Teh Hijau kepada Mitra Posbindu. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 378–388. https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i2.1609

Sensusiati, A. D., Rosyid, A. N., & Puspitasari, A. D. (2023). Pelatihan Kader Tuberkulosis di Wilayah Kerja Puskesmas Bluto sebagai Upaya Penurunan Kasus. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 329–338. https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i2.1743

Sulistyawati, D., Akhmad, A. N., & Yuniar, L. (2023). Pelatihan Konselor Remistar (Remaja Milenial Tanpa Asap Rokok) Sebuah Inovasi Pencegahan Merokok pada Remaja di Kota Singkawang. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 413–421. https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i2.1677

Suparni. (2018). Efektifitas Metode Jarimatika Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Bagi Anak Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Oleh: Suparni 1. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 06(02), 45–62.

Y. Eka Yanti, T. Risma, D. Rista, C. Tety Nur , H. Rustantono, Rasyid, H. (2023). Pendampingan Belajar Berhitung Melalui Metode Jarimatika Untuk Mendukung Ketuntasan Kognitif Siswa Kelas Iii Sd. Eduabdimas, 2(3), 179–185.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Siregar, A. R. W. ., Hasugian, G. S. ., Siregar, R. U. ., Siregar, D. A. ., Siregar, N. ., & Desniarti, D. (2024). BIMBINGAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE HANDRYMATIKA DI RUMAH BACA RAMBUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4762–4768. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29232