PELATIHAN PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29228Keywords:
Public Speaking, Kepercayaan Diri, Soft Skill, Pengembangan DiriAbstract
Di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, keterampilan berbicara di depan umum tidak hanya diperlukan oleh para profesional di bidang komunikasi, tetapi juga oleh semua individu yang ingin meningkatkan karier dan personal branding mereka. Public speaking tidak hanya mencakup kemampuan berbicara dengan baik di depan banyak orang, tetapi juga mencakup keterampilan mendengarkan, mempengaruhi, dan membujuk audiens. itu tujuan pelaksanaan pengabdian ini untuk mengasah keterampilan berbicara di depan umum dapat membantu seseorang menjadi komunikator yang lebih baik, baik dalam hubungan personal maupun sosial. Kemampuan ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri seseorang, karena mereka merasa lebih mampu menyampaikan pikiran dan perasaan mereka dengan jelas dan efektif. Kegiatan PKM ini dilakukan di SMA Karya Sahari, Kab. Bulukumba pada tanggal 4 dan 5 Maret 2024. Kegiatan pelatihan dilakukan dua kali dengan pertimbangan berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan para pelaksana, mitra, dan objek sasaran program, agar semua dapat berjalan lancar tanpa gangguan. Penggunaan kuesioner sebagai instrumen penilaian kuantitatif juga dilakukan untuk mendapatkan indikator numerik dalam kegiatan ini.Hasil Penelitian menunjukkan pelatihan public speaking di SMA Karya Sahari pada 4-5 Maret 2024 sangat efektif. Data menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan public speaking peserta, termasuk kepercayaan diri, penyusunan presentasi, dan pengelolaan kecemasan. Pelatihan ini bermanfaat dalam pengembangan soft skill dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dunia nyata.References
Andriyani, S. S. (2022). Penyusunan Tes Pilihan Ganda Keterampilan Membaca Teks Eksposisi: Supervisi Klinik Kepala Sekolah Bermetode Workshop. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(2), 215-226.
Azizah, L. F. and Fatayati, N. U. (2021). Efektivitas pelatihan berpikir positif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa tunarungu slb negeri saronggi. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.36379/shine.v1i2.155
Buser, T. and Yuan, H. (2023). Public speaking aversion. Management Science, 69(5), 2746-2760. https://doi.org/10.1287/mnsc.2022.4500
Bylkova, S., Chubova, E., & Kudryashov, I. (2021). Public speaking as a tool for developing students’ communication and speech skills. E3s Web of Conferences, 273, 11030. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202127311030
Dansieh, S. A., Owusu, E., & Seidu, G. A. (2021). Glossophobia: the fear of public speaking in esl students in ghana. Language Teaching, 1(1), p22. https://doi.org/10.30560/lt.v1n1p22
Dewi, C., Putri, A., Nugraha, M., & Haq, A. (2021). Kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial tiktok di masa pandemi : studi korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653
Faadhilah, A. H., Baihaqi, M., & Damaianti, L. F. (2021). Efek moderasi efikasi diri terhadap hubungan umpan balik positif dari teman sebaya dan presentasi diri pada remaja akhir pengguna instagram. Journal of Psychological Science and Profession, 4(3), 146. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i3.28991
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan kecerdasan interpersonal dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297-4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
Harahap, M., & Eliza, D. (2022). E-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia untuk meningkatkan computational thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3063-3077.
Hartini, S. and Chumaeson, W. (2021). Peningkatan rasa percaya diri melaui pelatihan public speaking pada siswa smk n i selo boyolali. Senyum Boyolali, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.36596/sb.v2i1.572
Juwito, J., Achmad, Z., Kaestiningtyas, I., Dewani, P., Wahyuningtyas, D., Kusuma, R., … & Febrianita, R. (2022). Public speaking and personal branding skills for student organization managers at dharma wanita high school surabaya. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 9-17. https://doi.org/10.22219/jcse.v3i1.18596
Kinasih, P. R. and Olivia, O. (2022). An analysis of using movies to enhance students’ public speaking skills in online class. Journal of Languages and Language Teaching, 10(3), 315. https://doi.org/10.33394/jollt.v10i3.5435
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa smp. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Kunasiroh, K., Chumaeson, W., & Hartini, S. (2023). IMPLEMENTASI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN SISWA BARU DI MADRASAH IBTIDAIYAH UNGGULAN MIFTAHUL HUDA TUMANG BOYOLALI. Digikom, 3(1), 37-43.
Mancuso, C. and Miltenberger, R. G. (2015). Using habit reversal to decrease filled pauses in public speaking. Journal of Applied Behavior Analysis, 49(1), 188-192. https://doi.org/10.1002/jaba.267
Martono, E., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. (2021). Pengaruh keterampilan sosial terhadap kepercayaan diri siswa terisolir. Orien Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167-174. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5262
Muris, P., Hendriks, E., & Bot, S. (2015). Children of few words: relations among selective mutism, behavioral inhibition, and (social) anxiety symptoms in 3- to 6-year-olds. Child Psychiatry &Amp; Human Development, 47(1), 94-101. https://doi.org/10.1007/s10578-015-0547-x
Ndejjo, R., Ssemugabo, C., Osuret, J., Zziwa, E. B., Fonn, S., Alfvén, T., … & Wanyenze, R. K. (2022). Positioning africa’s public health doctoral students to lead societal transformation and development. BMJ Global Health, 7(2), e007996. https://doi.org/10.1136/bmjgh-2021-007996
Pawlik, B. and Perrin, C. J. (2019). Reducing speech disfluencies during public speaking using brief habit reversal. Journal of Applied Behavior Analysis, 53(2), 1080-1088. https://doi.org/10.1002/jaba.627
Permana, R. and Aminah, R. S. (2023). Pengembangan soft skill “public speaking” bagi guru dan terapis anak berkebutuhan khusus di yayasan assalam cendekia. Abdimas Galuh, 5(1), 935. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.10125
Rahayu, P., Rozimela, Y., & Jufrizal, J. (2022). Students’ public speaking assessment for informative speech. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2447-2456. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1433
Saalino, V., Bannepadang, C., & Lembang, F. B. (2020). Hubungan kepercayaan diri dan keaktifan dalam berorganisasi dengan kemampuan public speaking mahasiswa semester iv stikes tana toraja tahun 2020. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 5(1), 41-60. https://doi.org/10.56437/jikp.v5i1.28
Sembiring, S. B., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2021). Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 371-380.
Spieler, C. and Miltenberger, R. (2016). Using awareness training to decrease nervous habits during public speaking. Journal of Applied Behavior Analysis, 50(1), 38-47. https://doi.org/10.1002/jaba.362
Wahyuni, N., Putri, D. K., Widiyastuti, S., Siburian, H. K., & Saputra, D. G. (2023). The Impact of Social Media on the Learning Process of Children Aged 6-12 Years Old. Journal International of Lingua and Technology, 3(1), 29–42. https://doi.org/10.55849/jiltech.v3i1.507
Zulhermindra, Z. and Hadiarni, H. (2020). Improving students’ public speaking skills through the use of videotaped feedback. Ta'dib, 23(1), 75. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.2008
Zulhermindra, Z. and Hadiarni, H. (2020). Improving students’ public speaking skills through the use of videotaped feedback. Ta Dib, 23(1), 75. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.2008
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dedi Gunawan Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.