PELATIHAN PEMBUATAN ARTIKEL ILMIAH BERMUATAN MORAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER YANG BEBAS PLAGIARISME PADA MGMP PPKN SMA/SMK SE KABUPATEN/KOTA BLITAR

Authors

  • Rr. Nanik Setyowati Universitas Negeri Surabaya
  • M. Turhan Yani Universitas Negeri Surabaya
  • Warsono Warsono Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Satmoko Universitas Negeri Surabaya
  • Iman Pasu Purba Universitas Negeri Surabaya
  • Alifia Widianti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2864

Keywords:

Artikel, Moral dan Karakter, Plagiarisme

Abstract

Menulis artikel ilmiah yang bermuatan moral dan pendidikan karakter adalah hal penting yang harus tetap dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Guru memiliki peran yang sangat besar untuk hal tersebut. Fakta (2018) menunjukkan, bahwa kemampuan guru untuk menulis (artikel ilmiah) masih sangat rendah, kira-kira hanya 20% yang mau menulis. Berdasarkan fakta tersebut di atas maka PKM ini diarahkan pada upaya meningkatkan kemampuan guru dalam membuat artikel ilmiah yang bermuatan moral dan pendidikan karakter yang bebas plagiarisme yang akan memberikan dampak langsung kepada peserta didik SMA/SMK se-Kabupaten/Kota Blitar, khususnya pada mata pelajaran PPKn. Tujuan kegiatan ini adalah (1) Memberikan pemahaman guru tentang menulis artikel ilmiah (pemahaman mengidentifikasi, memilih dan merumuskan topik, menyusun kerangka tulisan, mengumpulkan bahan, menulis dan menyunting). (2) Meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah sebagai sumber belajar (bahan ajar) yang bermuatan moral dan karakter peserta didik di SMA/SMK se Kabupaten/Kota Blitar. Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut, (1) Pelatihan yang dilaksanakan secara daring. (2) Tugas mandiri menulis artikel ilmiah; (3) Presentasi hasil kerja yang sudah dihasilkan melalui pelatihan ini oleh peserta secara luring. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode Hybrid yang artinya ada kegiatan yang dilaksanakna secara offline dengan protokol kesehatan ketat dan online dengan menggunakan platform Zoom, dan WA Group. Hasilnya ada peningkatan pemahaman dan skill menulis peserta kegiatan. Target luaran yang dihasilkan ini dilaksanakan (1) Terjadi peningkatan pengetahuan guru tentang menulis artikel ilmiah, semula 53,75 (pre tes)  menjadi 70 (post tes).; (2) Tersusunnya draf artikel ilmiah yang dihasilkan oleh guru. Ada 6 judul artikel berbasis muatan moral dan pendidikan karakter yang bebas plagiarism yang sudah direview dan siap dipublikasikan.

Author Biographies

Rr. Nanik Setyowati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

M. Turhan Yani, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Warsono Warsono, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Agus Satmoko, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Iman Pasu Purba, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

Alifia Widianti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial & Hukum, Universitas Negeri Surabaya

References

Abdan Shadiqi. (2019) Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Artikel ilmiah. Yogyakarta: Buletin Psikologi UGM.

Acstylena, Sita. 2018. Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara. Malang: Madani.

Asfihan, Akbar. Artikel ilmiah adalah https://adalah.co.id/artikel ilmiah-ilmiah/ diakses tanggal 26 Mei 2020.

Barnett, J. E., & Campbell, L. F. (2012). Ethics issues in scholarship. In S. J. Knapp (Ed.), PA handbook of ethics in psychology: Vol. 2. Practice, teaching, and research (pp. 309–333). Washington, DC: American Psychological Association.

Claubaugh, G.K. & Rozycki, (2011) The Plagiarism Book: A Student’s Manual. EG

Hakim, Wildan. 2012. Teknik Menulis Artikel ilmiah. Diakses tanggal 26 Mei 2020.

Ritnaningrum, Ratna. Mengapa Guru Tidak Menulis Artikel Ilmiah: Perspektif Guru. https://www.researchgate.net/publication/328354043. Diakses tanggal 26 Mei 2020.

Sudjana, Nana. 2009. Tuntunan Penyusunan Artikel ilmiah. Bandung:Sinar Baru Algesindo.

Sujana, dkk. 2019. Pelatihan Penulisan Artikel ilmiah bagi Guru-Guru SMK YZA Bogor https://www.researchgate.net/publication/335462577. Diakses tanggal 26 Mei 2020.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2020.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Siti, H.(2017, October). Pelaku Plagiarisme Harus Ditindak Tegas. Media Indonesia.

Retrieved from https://Purwani & Purwoko, Panduan Anti Plagiarisme, Yogyakarta: Perpustakaan UGM

Soelistyo. (2011) Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika.Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Downloads

Published

2021-11-18