PELUANG DAN TANTANG PEMASARAN PRODUK UMK DARI DESA MAMALA KECAMATAN LEIHITU BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH KOTA AMBON
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28456Keywords:
UMKM, UKMAbstract
Usaha Kecil Mikro (UKM), merupakan sektor usaha yang mampu menjaga stabilitas perekonomian karena memiliki peran yang besar dalam penyediaan lapangan pekerjaan, dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada. UKM dapat bertahan dengan selalu meningkatkan kreativitas dan inovasi, kuat menghadapi tantangan bisnis yang kompetitif. Pelaku UKm didesa Mamala Kecamatan Leihitu Barat Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah presentasi dan diskusi. Berdasarkan hasil monitoring selama proses pelatihan, maka diketahui bahwa peserta sudah memiliki pengetahuan dan semangat dalam meningkatkan usaha mereka.References
Hafsah, M.J. 2004, Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Infokop Nomor 25 Tahun XX
Kurniawan, A., Yun, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Kelanggengan Usaha terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), pp. 65-78.
Kuncoro, Mudrajad. Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan.
Lestari, (2013). “Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung”, Skripsi Manajemen, Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Sripo. 2010. 38.044 UKM Serap 163.830 Tenaga Kerja. Harian Umum Sriwijaya PostTanggal 15 April 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rainier Sitaniapessy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.