STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM MADU KELULUT BAHAGIA MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Evi Safitri Universitas Tanjungpura
  • Ramadania Ramadania Universitas Tanjungpura
  • Dila Novita Sari Universitas Tanjungpura
  • Ervina Almaira Universitas Tanjungpura
  • Adhistya Venus Sandra Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.36880

Keywords:

Madu Kelulut, Pelatihan, Strategi Pemasaran, Transformasi Digital, UMKM

Abstract

Program pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan digital pelaku UMKM, khususnya UMKM Madu Kelulut Bahagia di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Selama periode 1 Juli hingga 1 Agustus 2024, program ini memberikan pelatihan intensif mengenai pemanfaatan media sosial, e-commerce, dan fintech, serta pengembangan produk melalui desain ulang kemasan dan materi promosi. Metode yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan personal (one-on-one coaching), yang mana pemilik UMKM Madu Kelulut Bahagia mendapatkan pendampingan intensif secara khusus. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM Madu Kelulut Bahagia agar dapat mengoptimalkan pemasaran penjualannya dengan menerapkan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini mencakup sesi pelatihan personal, pendampingan intensif, dan monitoring berkala, yang diikuti dengan evaluasi terhadap kemajuan digital UMKM. Hasilnya, pelaku UMKM mampu memanfaatkan platform digital baru, meningkatkan pendapatan usaha, dan memperbaiki strategi pemasaran. Meskipun waktu pelaksanaan terbatas, program ini berhasil mendukung transformasi digital bagi UMKM. Disarankan adanya pelatihan lanjutan dengan durasi yang lebih panjang serta monitoring berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan dari dampak positif yang telah dicapai.

References

Aprianto, L., Ekowati, S., & Muhammadiyah Bengkulu Sriekowati, U. (2024). Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen “‘Minumin’” Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 5(2), 689–702.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Atikawati, N., & Suwardi. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Produk Uhuy Project. Journal of Accounting and Capital Market Politeknik, 34–54. Chomiak-Orsa, I., & Liszczyk, K. (2020). Digital marketing as a digital revolution in marketing communication. Informatyka Ekonomiczna, 2020(2), 9–19.

https://doi.org/10.15611/ie.2020.2.01

Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134

Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 15.

Kustiawan, W., Nurlita, A., Siregar, A., Aini Siregar, S., Ardianti, I., Rahma Hasibuan, M., & Agustina, S. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. Maktabun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5.

Ma, X., & Gu, X. (2024). New marketing strategy model of E-commerce enterprises in the era of digital economy. Heliyon, 10(8), e29038. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29038

Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis pengaruh desain kemasan dan brand image kopi Good Day pada minat beli konsumen. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–9.

Mellita Sari, C. P., Puspitaningrum, R., Nailufar, F., & Khairisma, K. (2022). Literasi Keuangan Melalui Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Gampong Blang Raleu Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 1(2), 12. https://doi.org/10.29103/jpes.v1i2.9224

Mulyana, A., Briandana, R., & Rekarti, E. (2020). ICT and social media as a marketing communication platform in facilitating social engagement in the digital era. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(5), 1–16.

Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., & Violin, V., Awang, M. Y. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rico Elhando Badri, Cahyani Pratisti, & Anandha Sartika Putri. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268

Siladjaja, M., Magdalena, P., & Prasetyo Nugrahanti, T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM Utilization of Social Media (Digital Marketing) for MSME Product Marketing. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, vol.2, 13.

Sulistyono, M. T., Sari, W. S., Nugraini, S. H., Muhammad, M. Z., & Emmerig, R. (2023). Pemanfaatan Sumberdaya IKM dalam Meningkatkan Produktivitas dan Pemasaran Produk Melalui Transformasi Digital Masyarakat Desa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 283–288. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11874

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Safitri, E., Ramadania, R., Sari, D. N., Almaira, E., & Sandra, A. V. (2025). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM MADU KELULUT BAHAGIA MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1851–1858. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.36880

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.