MEMBERDAYAKAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR SEBAGAI GENERASI Z PAHAM PELUANG BISNIS

Authors

  • Ilham Karin Rizkiawan Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Fahman Hadi Utomo Universitas 'Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27988

Keywords:

Bisnis; Kewirausahaan; Generasi Z

Abstract

Minat terhadap kewirausahaan di kalangan pelajar Indonesia masih belum optimal dan cenderung rendah. Ini menjadi suatu ironi mengingat siswa SMK diharapkan menjadi pelopor utama dalam mengembangkan semangat berwirausaha di Indonesia. Di SMK 6 Karanganyar, masalah utamanya adalah kurangnya minat pada kewirausahaan, terutama di kalangan Gen Z, karena beberapa faktor. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang kewirausahaan. Selain itu, kurangnya dukungan dari lingkungan, baik itu keluarga maupun sekolah, juga menjadi salah satu penyebab utama. Banyak siswa merasa tidak mendapat dukungan saat mereka mencoba memulai usaha sendiri, karena masalah seperti keterbatasan modal atau akses terhadap teknologi yang dibutuhkan. Selain itu, stigma negatif masih ada bahwa menjadi pengusaha kurang bergengsi dan kurang stabil secara finansial dibandingkan dengan bekerja sebagai pegawai di perusahaan besar. Solusi yang ditawarkan dari permasalahan yang dirasa melalui program ini yaitu dengan penyuluhan dan edukasi serta pelatihan praktek pembuatan bisnis.Target yang diharapkan yaitu mitra dapat menambah pengetahuan mereka tentang berwirausaha yang benar dan mengerti persiapan persiapan sebelum membuka usaha serta strategi dalam menjalankan bisnis usaha secara tepat.

References

Budi, B., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1). https://doi.org /10.30813/jpk. v2i1.1128

Hardinandar, F., Rizkan, M., & Amelia, R. (2024). Menumbuhkan Kewirausahaan Digital pada Generasi Z di SMAN 1 Wawo Melalui Kegiatan Sosialisasi Fostering Digital Entrepreneurship among Generation Z at SMAN 1 Wawo Through Socialization Activities . 1, 37–50.

Karimi, A., Mohammadi, N., & Sakhteh, S. (2022). Opportunities and Threats Facing Early-Stage Digital Startups During the COVID-19 Pandemic. Contributions to Economics, 03(02), 83–99. https://doi.org/10.1007/978-3-030-89996-7_5

Kecamatan, B., & Aji, B. (2024). Pelatihan keterampilan bidang kuliner pkk kelurahan buliang kecamatan batu aji 1,2. 02(01), 29–35.

Meisari, V., & Emilda. (2014). Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Kopi Pada Generasi Milenial Dan Gen Z Di Kota Palembang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7, 854–863.

Mettan, S. V., & Setiawan, Y. C. (2023). Pelatihan Wirausaha Generasi Z Terutama Siswa/I SMA St. Agnes Untuk Mengembangkan Potensi Entrepreneur Muda Melalui Zoom. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 151–157. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.778

Raden, A., & Hartini, D. (2017). Pelatihan Pembuatan Krupuk Ikan Ekor Kuning Sebagai Ide Bisnis Dalam Mengembangkan Jiwa Wirausaha Pada Desa Muara Gading Mas Lampung Timur. Jurnal Abdi Citra, 1(1), 2588–2593.

Yolanda, C., Mukarramah, M., Iqbal Chaira, T. M., & Zulkarnain, M. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi – Z Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 2(2), 12–19. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v2i2.759

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Rizkiawan, I. K. ., & Utomo, F. H. . (2024). MEMBERDAYAKAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR SEBAGAI GENERASI Z PAHAM PELUANG BISNIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4447–4451. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27988

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.