PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM BISNIS ONLINE: PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27663Keywords:
Pelatihan, Perempuan, Bisnis Online, Era DigitalAbstract
Bisnis online telah menjadi fenomena yang semakin populer, menawarkan peluang yang signifikan bagi perempuan untuk berwirausaha secara daring. Namun, perempuan juga dihadapkan pada sejumlah tantangan yang memerlukan solusi yang terarah dan dukungan yang berkelanjutan. Dalam konteks ini, program pengabdian kepada masyarakat (PKM) "Pemberdayaan Perempuan dalam Bisnis Online: Peluang dan Tantangan di Era Digital" ini dirancang untuk memberikan kesempatan, pengetahuan, dan dukungan bagi perempuan dalam mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam bisnis online. Melalui pendekatan pendidikan, pelatihan, mentorship, dan pembentukan jaringan, PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan dan kontribusi mereka dalam ekonomi digital Indonesia. Dengan demikian, artikel ini menyajikan analisis situasi, metode pelaksanaan, hasil, dan pembahasan dari PKM tersebut, serta menekankan pentingnya memberdayakan perempuan dalam bisnis online untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat secara keseluruhan.References
Suarmini, N. W., Zahrok, S., & Agustin, D. S. Y. (2018). Peluang dan tantangan peran perempuan di era revolusi industri 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 48-53.
Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113-7120.
Zaifuddin, Z. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Online Marketing: Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 10(1), 31-40.
Yuniawati, R. A. (2021). Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 169-173.
Immanuel, D. M. (2019). Pembelajaran online marketing pada program kewirausahaan pemberdayaan wanita Desa Kesamben Wetan Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 149-159.
Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan masyarakat berbasis pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di era revolusi industri 4.0. Journal of Extension and Development, 1(2), 90-96.
Nafisah, S., Anggraeni, A. D., & Pentury, H. J. (2022). PKM Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entreprenurship. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(3), 408-415.
Saptyawati, L., & Filza, M. F. (2018, November). Pemberdayaan perempuan marjinal melalui program kewirausahaan berbasis bisnis online di balai perlindungan dan rehabilitasi sosial wanita yogyakarta. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 193-198).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas'ud Muhammadiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.