PENGARUH HARGA DISKON DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINIMARKET ARDYMART PALEMBANG

Authors

  • Asri Maulana Universitas Indo Global Mandiri
  • Hamid Halim Universitas Indo Global Mandiri
  • Yeni Yeni Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27442

Keywords:

Harga diskon, Kualitas produk, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga diskon dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen minimarket ardymart palembang. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 96 responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen minimarket ardymart palembang. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda, dengan uji t dan uji F. Sedangkan untuk melihat sejauh mana keakurasian dan kelayakan alat intrumen variabel penelitian digunakan uji validitas dan reabilitas pada SPSS versi 22. Hasil penelitian regresi linear berganda yang telah dilakukan menyatakan bahwa harga diskon tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t hitung 0.252 < 1.98552. Dan hasil dari variabel kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t hitung 4.408 > 1.98552. Pada hasil penelitian regresi linear berganda yang telah dilakukan menyatakan bahwa harga diskon dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai F hitung > F tabel sebesar 15.206 > 2.70 dengan nilai signifikan 0.00 < 0.05. Hal ini menyatakan bahwa harga diskon dan kualitas produk secara bersama – sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dikarenakan dengan adanya harga diskon maka para konsumen akan tertarik dan ada keinginan untuk membeli ditambah lagi dengan didukung kualitas produk yang baik maka akan meningkatkan keputusan pembelian pada produk.

References

Azam, M. Choirul and Hj.Yuni Sukandani. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Price Discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR) 1(1): 506–15.

Dwi, Devi Marta, Theresia Pradiani, and Ike Kusdyah Rachmawati. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 2(1): 8–19.

Fatmawati, E U, R R Kurniati, and R N Hardati. 2022. Pengaruh Diskon Harga dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Pada Pengguna Shopee di JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga 6(April): 2244–51.

Kawilarang, JAY, S Sambiran, and A Kimbal. 2020. Dampak Kebijakan Perizinan Minimarket Terhadap Usaha Kecil di Kecamatan Kawangkoan dan Kawangkoan Barat. Jurnal eksekutif 2(5): 1–10.

Putri, Gitari Aristo, and Nahar Maganda Saragih. 2023. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Alfamart Klambir Lima Raya Medan). Student Research Journal1(Februari): 253–78.

Siska, Juni. 2022. Pengaruh Diskon dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Wellindo Blast Media di Kota Batam Skripsi Oleh?: Program Studi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Batam Tahun 2022.

Syamsurizal, Syamsurizal, Herawati Tardan, Agung Edi Rustanto, and Risma Ayu Lestari. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Pemberian Discount Terhadap Keputusan Pembelian pada Umkm Agus Production. Jurnal Lentera Bisnis

Taslim, Vina Angelika, and Charisma Ayu Pramuditha. 2021. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Restoran Magal Korean BBQ House Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen 2(2): 143–53

Vidyaningrum, Bunga, Ch Dini, and Ika Handayani. 2022. albama: Jurnal Bisnis Administrasi Dan Manajemen (studi kasus pada ibu rumah tangga) 15(2): 41–51.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Maulana, A. ., Halim, H. ., & Yeni, Y. (2024). PENGARUH HARGA DISKON DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MINIMARKET ARDYMART PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3974–3980. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27442