PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA GURU RUMAISA SCHOOL

Authors

  • Arinta Rezty Wijayaningputri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang
  • Murtyas Galuh Danawati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.26998

Keywords:

Pelatihan, Gerakan Literasi Sekolah, Profil Pelajar Pancasila, Guru Rumaisa School

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Profil Pelajar Pancasila bagi guru di Rumaisa School. Penggunaan Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan menjadi penting karena Pancasila sebagai dasar negara perlu diperkuat dalam kesadaran dan pemahaman generasi muda. Metode yang digunakan adalah pelatihan praktis, diskusi, dan workshop untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para guru. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari. Keberhasilan pelatihan ini menunjukkan bahwa integrasi Profil Pelajar Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan nilai-nilai moral di kalangan siswa, serta memperkuat identitas nasionalisme. Hasil ini menjadi penting dalam menghadapi tantangan globalisasi yang mengancam keberlangsungan nilai-nilai lokal dan nasional. Pelatihan ini memberikan landasan bagi pengembangan pendidikan karakter yang lebih kuat di sekolah-sekolah, sesuai dengan visi pendidikan nasional yang mencakup pembentukan karakter bangsa.

References

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah anNajah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6, Nomor 8, 60–69.

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar, 179–183.

Setiyadi, D. B. P. (2018). E-literary Texts: Reading Materials for School Literacy Movement. KnE Social Sciences, 3(9), 538. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2716

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Wijayaningputri, A. R. ., Mukhlishina, I. ., & Danawati, M. G. . (2024). PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA GURU RUMAISA SCHOOL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5370–5374. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.26998

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.