PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA GURU RUMAISA SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.26998Keywords:
Pelatihan, Gerakan Literasi Sekolah, Profil Pelajar Pancasila, Guru Rumaisa SchoolAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Profil Pelajar Pancasila bagi guru di Rumaisa School. Penggunaan Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan menjadi penting karena Pancasila sebagai dasar negara perlu diperkuat dalam kesadaran dan pemahaman generasi muda. Metode yang digunakan adalah pelatihan praktis, diskusi, dan workshop untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para guru. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran sehari-hari. Keberhasilan pelatihan ini menunjukkan bahwa integrasi Profil Pelajar Pancasila dapat meningkatkan kesadaran dan nilai-nilai moral di kalangan siswa, serta memperkuat identitas nasionalisme. Hasil ini menjadi penting dalam menghadapi tantangan globalisasi yang mengancam keberlangsungan nilai-nilai lokal dan nasional. Pelatihan ini memberikan landasan bagi pengembangan pendidikan karakter yang lebih kuat di sekolah-sekolah, sesuai dengan visi pendidikan nasional yang mencakup pembentukan karakter bangsa.References
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah anNajah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6, Nomor 8, 60–69.
Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar, 179–183.
Setiyadi, D. B. P. (2018). E-literary Texts: Reading Materials for School Literacy Movement. KnE Social Sciences, 3(9), 538. https://doi.org/10.18502/kss.v3i9.2716
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arinta Rezty Wijayaningputri, Innany Mukhlishina, Murtyas Galuh Danawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










