PENDAMPINGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DALAM PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SEBAGAI OPTIMALISASI TRANSISI PAUD KE JENJANG SD DI SDN 2 PANDESARI

Authors

  • Siti Fatimah Soenaryo Universitas Muhammadiyah Malang
  • Beti Istanti Suwandayani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Reni Dwi Susanti Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.26189

Keywords:

Kompetensi Tenaga Pendidik, Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini, Transisi PAUD Ke Jenjang SD

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan utama manusia. Pendidikan yang layak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi untuk sudah difasilitasi mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24 dengan topik “Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” gerakan ini merupakan respon serius pemerintah menyikapi banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya masuk kelas 1 SD tanpa mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau situasi dimana pada masa PAUD anak sudah difokuskan untuk memiliki kemampuan calistung (baca tulis hitung). Secara spesifik berdasarkan kesepakatan antara mitra dan tim pengabdian permasalahan mitra yang perlu diselesaikan yaitu sebagai berikut a) Kurangnya kompetensi pemahaman terkait guru proses transisi PAUD ke SD, b) Kurangnya pemahaman guru dalam implementasi metode pembelajaran yang digunakan, c) Kurangnya pendampingan dalam pelaksanaan transisi PAUD ke SD. Solusi untuk membantu permasalahan yang dialami oleh mitra yaitu SDN 2 Pandesari, maka diperlukan beberapa hal solusi yang ditawarkan, yaitu: 1) Focus Group Discussion (FGD) kompetensi pemahaman guru tentang transisis PAUD ke SD, 2) Workshop dan pelatihan dalam implementasi metode pembelajaran yang digunakan, 3) Pendampingan dalam pelaksanaan transisi PAUD ke SDPendampingan pembuatan modul ajar berorientasi literasi budaya. Adapun pelaksanaan solusi tersebut menggunakan metode ceramah, diskusi, simulasi dan pendampingan. Selanjutnya target yang dalam kegiatan ini adalah 1) peningkatan kompetensi pemahaman guru dalam implementasi transisi PAUD ke SD, 2) Video kegiatan workshop dan pendampingan kegiatan pengabdian yang diunggah di youtube channel, 3) Publikasi Ilmiah Jurnal Pengabdian terindeks sinta, 4) Publikasi media massa online.

References

Burchinal, M., & McCartney, K. (Eds.). (2016). Best Practices in School Readiness: What Work, and for Whom?. Guilford Publications

Fabian, H., & Dunlop, A. W. (Eds.). (2007). Transitions in the Early Years: Debating Continuity and Progression for Children in Early Education. Routledg

Pianta, R. C., Cox, M. J., & Snow, K. L. (Eds.). (2007). School readiness and the transition to kindergarten in the era of accountability. Paul H. Brookes Publishing Co.

Mcauliffe, (2016). Well-being in pregnancy: an examination of the effect socioeconomic, dientary and lifestyle factors including impact of a low glycaemic index dietary intervention. European Journal of Clinical Nutrition, Vol 6. No 8. Hal 19-24).

Saracho, O. N., & Spodek, B. (Eds.). (2010). Handbook of research on the education of young children (2nd ed.). Routledge

Downloads

Published

2024-10-14

How to Cite

Soenaryo, S. F., Suwandayani, B. I., & Susanti, R. D. . (2024). PENDAMPINGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DALAM PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SEBAGAI OPTIMALISASI TRANSISI PAUD KE JENJANG SD DI SDN 2 PANDESARI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9843–9849. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.26189