DIGITAL MARKETING OPTIMIZATION AT THE FATAHILLAH SCHOOL CENTER FOUNDATION
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26035Keywords:
Optimalisasi Pemasaran Digital, Pemasaran Digital Sekolah, Media Promosi DigitalAbstract
Permasalahan pada pengabdian masyarakat ini, dari pihak mitra Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah masih belum mampu mengoptimalkan pemasaran secara digital. Kurangnya pemberdayaan secara maksimal terhadap staf-staf yang ada pada mitra tersebut, karena belum adanya struktur, peran, dan agenda yang jelas dalam bagaimana melakukan optimalisasi terhadap akun-akun media sosial. Selain itu, kurangnya kesadaran kepada masyarakat dan calon pendaftar siswa/i dalam mengetahui informasi-informasi mengenai pendaftaran, profil kelembagaan, program-program, prestasi, dan kegiatan-kegiatan yang ada di mitra tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan pengetahuan secara umum kepada kepala sekolah, wakil, dan staf administrasi mengenai bagaimana pentingnya untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, dan memberikan rekomendasi terkait strategi dan kebijakan dalam melakukan pemasaran secara digital. Metode pada pengabdian masyarakat ini terdapat beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini menghasilkan sebuah tim khusus, menentukan peran dan strategi-strategi apa saja untuk melakukan pemasaran secara digital. Sehingga, dampak dari pengabdian masyarakat ini tidak hanya untuk pihak kelembagaan, tetapi dapat berdampak juga kepada masyarakat dalam memberikan kesadaran dan informasi-informasi yang dimiliki oleh mitra secara luas. Selain itu, dapat meningkatkan hubungan kepada masyarakat secara digital melalui media-media yang telah digunakan oleh mitra.References
Bismo, A., Putra, S., & Melysa. (2019). Application of Digital Marketing (social media and email marketing) and its Impact on Customer Engagement in Purchase Intention: a case study at PT. Soltius Indonesia. 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 1(August), 109–114. IEEE. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843763
Chahal, H., & Rani, A. (2017). How trust moderates social media engagement and brand equity. Journal of Research in Interactive Marketing, 11(3), 312–335. https://doi.org/10.1108/JRIM-10-2016-0104
Ciptadi, S. G., Fahira, S. R., & Manurung, G. (2023). Edukasi Pemasaran Digital Kepada Pelajar Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) An-Nafi Ciseeng Kabupaten Bogor. SULUH: Jurnal Abdimas.
Degenhard, J. (2023). Number of internet users in Indonesia from 2013 to 2028. Retrieved January 11, 2024, from Statista website: https://www.statista.com/forecasts/1144747/internet-users-in-indonesia
Dolega, L., Rowe, F., & Branagan, E. (2021). Going digital? The impact of social media marketing on retail website traffic, orders and sales. Journal of Retailing and Consumer Services, 60(February), 102501. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102501
Ilhamalimy, R. R., Wijaya, I. K. K., Sukarma, I. K., Hanna, F. O., & Chasanah, A. N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Talas Menjadi Kue Bolu Dengan Strategi Penjualan Melalui Pemasaran Tradisional Dan Digital Di Desa Jenggik Utara. 5(4), 737–743.
Kujala, J., Sachs, S., Leinonen, H., Heikkinen, A., & Laude, D. (2022). Stakeholder Engagement: Past, Present, and Future. Business & Society, 61(5), 1136–1196. https://doi.org/10.1177/00076503211066595
Lim, J. S., Pham, P., & Heinrichs, J. H. (2020). Impact of social media activity outcomes on brand equity. Journal of Product and Brand Management, 29(7), 927–937. https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2298
Putri, A. D., Kuswoyo, H., Gulo, I., Ngestirosa, E., & Febrina, E. G. (2023). Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1), 147–153.
Rosser, A. (2018). Beyond access: Making Indonesia’s education system work. Retrieved January 8, 2023, from Lowy Institute website: https://www.lowyinstitute.org/publications/beyond-access-making-indonesia-s-education-system-work#_edn3
Seo, E.-J., & Park, J.-W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66(August 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Statista Research Department. (2023). Number of smartphone users in Indonesia from 2018 to 2028. Retrieved January 11, 2024, from Statista website: https://www.statista.com/forecasts/266729/smartphone-users-in-indonesia
Suryosubroto. (2012). Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat (School Public Relations) (Ed. 2). Jakarta: Rineka Cipta.
Wiyono, B. B. (2017). The Effect of School Based Management Implementation on the Education Quality. Advanced Science Letters, 23(9), 8612–8616. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9939
Wiyono, B. B., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Sumarsono, R. B., Valdez, A. V., & Gunawan, I. (2019). The Comparative Analysis of Using Communication Technology and Direct Techniques in Building School Public Relation. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 81–86. IEEE. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987220
Ye, C., Kim, Y., & Cho, Y.-N. (2023). Digital Marketing and Analytics Education: A Systematic Review. Journal of Marketing Education, 0(0), 027347532311664. https://doi.org/10.1177/02734753231166414
Zahroh, S., & Pontoh, R. S. (2021). Education as an important aspect to determine human development index by province in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 012106. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Chalik Azhar, Ade Davy Wiranata, Ash Shoffi Hana Fadhilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.