EDUKASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL BAGI PRODUK UMKM PULAU PRAMUKA JAKARTA

Authors

  • Supriadi Thalib Universitas Pancasila
  • Nurul Hilmiyah Universitas Pancasila
  • Harimurti Wulandjani Universitas Pancasila
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Pancasila
  • Tiara Rima Azajarah Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25807

Keywords:

Edukasi, Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Pemasaran digital merupakan sarana untuk memperkenalkan produk melalui media digital maupun online. Perkembangan dunia digital saat ini sedang trend dan menjadi kebutuhan di semua kalangan. Pemanfaatan konsep pemasaran berbais teknologi digital menjadi harapan bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen, namun masih banyak UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam proses pemasaran produk menjadi kendala dalam pengembangan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pelaku UMKM melalui digital marketing untuk memasarkan produk yang lebih luas sehingga penjualan bisa meningkat. Edukasi seperti ini perlu lebih sering dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan pemahaman mengenai digital marketing dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat dan mengelola akun media sosial. Di sisi lain, pelaku UMKM harus menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal yang baru, berlaku profesional, dan sabar menunggu hasil sambil terus berkreasi.

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Anggraini, Oktiva Dan Supriynto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Periklanan Di Era Industri 4.0?. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitaatif Indonesia. 117-126.

Fagih,MA; Lukmn, HM; Ulum, Misbhul; Thoriq H, M; Rozak, Abdul; Aulia M, Ninda; Lailatul B, Fina; Suryaningsih, Sinta; Listia K, Siti; Wulandari, Furita Eka. (2019). Meningkatkan Pemasaran Produk Para Pelku UMKM di Pedukuhan Ngaseman Melalui Program Kerja Pengenalan Dan Penyuluhn Digital Marketing Sistem. Prosiding Konferensi Pemgabdian Masyarakat. Vol.1, Maret. 425-427.

Kim, H. and Lennon, S. (2001). E-atmosphere, Emotional, Cognitive, and Behavioral Responses. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 14 No. 3, pp. 412-38.

Magrath, V dan McCormick, H. (2013). Marketing Design Elements of Mobile Fashion Retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal. Vol. 17 Issue: 1, pp.115-134.

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Purwana ESD, Rahmi, Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Riduwan, Iwan Muhammad; Fauzi, Abdurahman; Aisyah, Isah; Susilawati; Sofyan, Iwan. (2019). Penerapan Digitl Marketing Sebagai Peningkatan Pemsaran Pda UMKM Warung ngkringn “WGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI. Vol.2 No. Februari. Hal 37- 142.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Thalib, S., Hilmiyah, N., Wulandjani, H., Mulyadi, M., & Azajarah, T. R. . (2024). EDUKASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL BAGI PRODUK UMKM PULAU PRAMUKA JAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2596–2602. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25807

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.