PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI PANTI SOSIAL BINA NETRA (PSBN) TUAH SAKATO PADANG

Authors

  • Fitria Ariani Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Nur Syahadani Putri Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Ananda Maha Putri Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2577

Keywords:

Penyuluhan, Kesehatan Reproduksi, Remaja.

Abstract

Remaja tuna netra mengalami perkembangan fisik dan psikologis yang sama dengan remaja normal lainnya. Sementara pengetahuan dan tuntunan memasuki usia remaja seperti yang didapatkan anak-anak normal di sekolah tidak mereka peroleh. Hal ini disebabkan masih ada orang tua yang berpendapat bahwa tidak ada gunanya menyekolahkan tuna netra pada pendidikan formal. Kondisi ini membuat mereka tabu terhadap hal –hal yang seharusnya menajdi perhatian  ketika memasuki usia remaja. Karena di usia remaja, mereka telah mencapai kematangan  alat reproduksi dan harus dijaga kesehatannya.   Berdasarkan data tersebut, perlu ada upaya untuk membantu penyandang tuna netra dalam memperoleh informasi kesehatan reproduksi, melalui pemberian penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kelayan tuna netra antusias mengikuti penyuluhan ini. Di hari pelaksanaan kegiatan tidak seorangpun kelayan yang datang terlambat. Hal ini menandakan adanya keinginan untuk memperoleh pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi. Antusias mereka juga tercermin dari keseriusan peserta dalam mendengarkan materi dan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Diakhir kegiatan beberapa orang peserta diminta menyampaikan pesan dan kesan. Mereka sangat senang mendapatkan informasi mengenai kesehatan reproduksi dan akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Author Biographies

Fitria Ariani, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia “YPTK†Padang

Nur Syahadani Putri, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia “YPTK†Padang

Ananda Maha Putri, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia “YPTK†Padang

References

Dara, U., Nurul. M., Juliani, I., (2019). Gambaran P engeahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Penyandang Disabilitas Studi Kualitatif Pada Remaja Tuna Netra Di Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia (YAPTI) Makasar. Jurnal Ilmiyah Kesehatan Iqra. 17(1), 16-21.

Depdiknas. (2008). Kebijakan Pendidikan

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3)

Riskesdas. (2010). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2010. Dari http://www.litbang.depkes.go.id/sites/download/buku_laporan/lapnas_riskesdas2010/ Laporan_riskesdas_2010.pdf diakses tanggal 20 Januari 2021.

Widyastuti Y. (2009). Kesehatan reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya

Downloads

Published

2021-11-13