PEMBERDAYAAN PERAN KADER MELALUI KIE PLUS KESEHATAN REPRODUKSI DI POSYANDU REMAJA

Authors

  • Veradilla Veradilla Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
  • Rohani Rohani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2585

Keywords:

emberdayaan, kader, Komunikasi Informasi dan Edukasi, Posyandu, Remaja

Abstract

Masa remaja merupakan masa storm dan stress karena remaja mengalami banyak tantangan baik dari diri mereka sendiri (biopsychosocial factors) ataupun lingkungan (environmental factors). Permasalahan yang terjadi pada remaja antara lain anemia pada remaja, kenakalan remaja, susah berkonsentrasi, kurang percaya diri, penyalahgunaan obat dan narkotika, merokok. Sasaran kegiatan adalah 20 remaja di RT 21 Kel Bukit Sangkal Palembang bulan Oktober 2021. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui tahapan kegiatan yaitu tahap praimplementasi menentukan dan mendapatkan surat tanggapan dari mitra, menyusun kerjasama dan menentukan tujuan kegiatan, menentukan metode yang menyenangkan dan fleksibel, menentukan kegiatan yang meliputi kuliah, diskusi tentang metode Buzz Group dan praktik KIE. Tahap implementasi meliputi pemberian informasi tentang Kesehatan Reproduksi melalui diskusi menggunakan Buzz Group dan praktik KIE. Tahap pasca implementasi mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan KIE. Hasil uji pengetahuan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setelah menggunakan Buzz Group. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah yaitu terlaksananya sosialisasi program posyandu remaja plus KIE kesehatan reproduksi, remaja memiliki rasa percaya diri dalam menjalankan tugasnya sebagai kader posyandu yang dapat menjadi konselor bagi teman teman sebayanya, Kesimpulannya adalah tingkat pencapaian target baik, dan remaja merasakan banyak manfaat yang diterima bertambahnya pengetahuan dan keterampilan memberikan KIE kepada teman sebayanya. Disarankan kepada Puskesmas dapat mengembangkan kegiatan ini di Puskesmas Terpadu Remaja lainnya. 

Author Biographies

Veradilla Veradilla, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna

Program Studi DIII Kebidanan, Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

Rohani Rohani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang

Program Studi DIII Kebidanan, Kebidanan, STIKES Mitra Adiguna Palembang

References

Austrianti, rifka; Andayani, R. putri. (2019). Jurnal Abdimas Saintika. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 1–8.

Intan, M. P., & Rosida dan Luluk. (2017). Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual†Pelatihan Kader Pembentukan Posyandu remaja di Dusun Ngentak Bangunjiwo Kasiha. Implementasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektua, (September), 528–533.

Kelly, T. P. M. F. (2020). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 14–42.

Ningsih, F. P. E. (2018). Pencapaian Standar Nasional Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja Pada. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(1), 40–45.

Nurasiah, A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Sebagai Upaya Optimalisasi Posyandu Remaja Di Desa Bayuning Kecamatan Kadugede Kabupaten IAKMI Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(2), 75–80.

Veradilla, Mauluddina, F., & Anggeni, U. (2021). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Komunitas.

Wahyuntari, E., & Ismarwati, I. (2020). Pembentukan kader kesehatan posyandu remaja Bokoharjo Prambanan. Jurnal Inovasi Abdimas Kebidanan (Jiak), 1(1), 14–18. https://doi.org/10.32536/jpma.v1i1.65

Downloads

Published

2021-11-13