SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25453Keywords:
Berpikir Kritis, Literasi Membaca, SosialisasiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan upaya sosialisasi meningkatkan literasi membaca siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo. Sosialisasi ini merupakan bentuk edukasi dan penyuluhan tentang literasi membaca kepada siswa dengan tujuan agar mereka memiliki kemampuan literasi yang tinggi sehingga dapat berpikir kritis dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup penyampaian materi melalui ceramah, tanya jawab, dan evaluasi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pemahaman siswa tentang definisi literasi, jenis-jenis literasi, faktor penyebabnya rendahnya literasi, dampak yang ditimbulkan jika memiliki literasi yang rendah, serta upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca. Kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mampu berkomunikasi dengan baik serta berkolaborasi bersama siswa yang lain tanpa terjadi perpecahan.References
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta Melalui Pendekatan Tarl(Studi Kasus Pada SiswaBerkesulitan Belajar diKelas Rendah 40 Madrasah Ibtidaiyah Sasaran Program Maulana Lombok Timur). BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580
Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088
Fitroh, I., Rosidi, M. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal of Human And Education, 3(2), 122–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.166
Juminingsih, J. (2019). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak Kabupaten Sukoharjo Dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 56–64. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8255
Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Meha, A. M., NirmalaManu, T. S., Daud, Y., NaomiRupidara, A. D., & ThresianaNomleni, F. (2023). Pendampingan Dan Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Di Smps Swadaya Tarus. SWARNA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.216
Meita, N. M., & Herowati. (2020). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdiraja, 3(1), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/adr.v3i1.785
Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. Solidarity?: Journal Of Education, Society and Culture, 6(2), 167–179. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/19560
Robiah, Hendarman, & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0. Literasi?: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(1), 58–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3458
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Yusmar, F., & Masithoh, R. E. F. D. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismaul Fitroh, Moh. Imron Rosidi, Gita Juniarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.