SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 GORONTALO

Authors

  • Ismaul Fitroh Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Imron Rosidi Universitas Negeri Gorontalo
  • Gita Juniarti Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25453

Keywords:

Berpikir Kritis, Literasi Membaca, Sosialisasi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan upaya sosialisasi meningkatkan literasi membaca siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo. Sosialisasi ini merupakan bentuk edukasi dan penyuluhan tentang literasi membaca kepada siswa dengan tujuan agar mereka memiliki kemampuan literasi yang tinggi sehingga dapat berpikir kritis dan memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup penyampaian materi melalui ceramah, tanya jawab, dan evaluasi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah pemahaman siswa tentang definisi literasi, jenis-jenis literasi, faktor penyebabnya rendahnya literasi, dampak yang ditimbulkan jika memiliki literasi yang rendah, serta upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca. Kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mampu berkomunikasi dengan baik serta berkolaborasi bersama siswa yang lain tanpa terjadi perpecahan.

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode Adabta Melalui Pendekatan Tarl(Studi Kasus Pada SiswaBerkesulitan Belajar diKelas Rendah 40 Madrasah Ibtidaiyah Sasaran Program Maulana Lombok Timur). BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180–189. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.580

Fitriyani, & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088

Fitroh, I., Rosidi, M. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal of Human And Education, 3(2), 122–126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.166

Juminingsih, J. (2019). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak Kabupaten Sukoharjo Dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 56–64. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8255

Maharani, O. D., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Meha, A. M., NirmalaManu, T. S., Daud, Y., NaomiRupidara, A. D., & ThresianaNomleni, F. (2023). Pendampingan Dan Penguatan Gerakan Literasi Sekolah Di Smps Swadaya Tarus. SWARNA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.216

Meita, N. M., & Herowati. (2020). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdiraja, 3(1), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/adr.v3i1.785

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. Solidarity?: Journal Of Education, Society and Culture, 6(2), 167–179. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/19560

Robiah, Hendarman, & Hidayat, R. (2023). Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 528–539. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.262

Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0. Literasi?: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(1), 58–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3458

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Yusmar, F., & Masithoh, R. E. F. D. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Fitroh, I. ., Rosidi, M. I. ., & Juniarti, G. . (2024). SOSIALISASI MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SMP NEGERI 2 GORONTALO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2468–2473. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25453

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.