PENDAMPINGAN PEMBIASAAN LITERASI SISWA SD MELALUI POJOK LITERASI DI DESA KUTAMANEUH, KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26900Keywords:
Pendampingan, Literasi, Pojok LiterasiAbstract
Budaya membaca membantu membuka mata semua orang, terutama siswa untuk melihat informasi terbaru bahkan sejarah yang telah lalu. Minimnya pembiasaan membaca juga dialami oleh siswa, terutama di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan menumbuhkan minat dan keterampilan membaca siswa di sekolah dasar, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) harus dimasukkan dalam program literasi dan kebiasaan baca. SD N II Desa Kutamaneuh terletak di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang berada dipedesaan menjadi objek kegiatan PkM pendampingan pembiasaan literasi siswa SD N II Kutamaneuh memalui Pojok literasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat sekolah dalam meningkatkan minat dan literasi siswa dalam membaca. Metode yang digunakan pada kegiatan PkM ini adalah pendampingan melalui 3 tahap yaitu perencaan (observasi dan perencanaan pojok baca), pelaksanaan (kegiatan rutin pojok literasi dan program bimbingan litersi), dan monitoring dengan melibatkan siswa SD N II Kutamaneuh kelas 4,5 dan 6, pendidik dan pejabat desa setempat. Pelaksanaan Pendampingan literasi dilaksanakan 3x di bulan Januari melalui kegiatan pojok rutin literasi dan bimbingan literasi oleh pendidik bersama mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang.References
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. 01(01), 1–12.
Arifudin, M. . D. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 146–160.
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Urnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522–527.
Fahrezi, M. S., Aulia, P. A., & Santoso, G. (2023). Membela Tanah Air dengan Segenap Jiwa: Peran dan Tanggung Jawab Generasi Muda dalam Menjaga Kedaulatan dan Kepentingan Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02(02), 391–404.
Ferianto; Dkk. (2023). Workshop Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Model Addie Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Tingkat Sekolah Dasar Di Desa Pasirjaya. Communnity Development Journal, 4(5), 10241–10247.
Nurita; Dkk. (2023). Optimalisasi peran orang tua dalam meningkatkan literasi keluarga melalui cerita gambar cerita rakyat dalam digital powtoon. Communnity Development Journal, 4(5), 10762–10768.
R. Hendaryan, Taufik Hidayat, S. H. (2022). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Literasi: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(01), 142–151. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
Sampelolo, R., Lura, H., Mangolo, Y., Sampeasang, A. K., Kristen, U., & Toraja, I. (2022). Digitalisasi Pojok Baca Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Tana Toraja. Resona?: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(2), 219–230.
Umar Mansyur; Rahmat. (2019). Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di MTs Mizanul Ulum Sanrobone Kabupaten Takalar. 3(2), 1–8.
Wikipedia. (2024). Profil Desa Kutamaneuh. Wikipedia: Ensiklopedia Bebas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nida’ul Munafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.