BENGKEL LITERASI SEBAGAI STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI DONGENG DI UPT SPF SD INPRES MANGGALA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25224Keywords:
Literasi,Karakter Anak,DongengAbstract
Tujuan penelitian ini sebagai strategi pembentukan karakter anak melalui dongeng.dongeng sendiri merupakan penghibur bagi masyarakat banyak dongeng yang menggambarkan sindiran, yang sebenarnya mengandung pelajaran moral mendongeng juga merupakan salah satu metode efektif yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan karakter siswanya, membangkitkan minat belajar siswa dengan mengaitkan isi pembelajaran dengan dongeng.Dongeng juga dapat membantu siswa dalam pemahaman mereka tentang berliterasi, literasi adalah hal yang memberikan kemapuan dan keterampilah bagi siswa dalam memahami ,mengelolah informasi yang di terima sehingga siswa dapat memahami apa yang terdapat pada cerita tersebut.Kemudian memberikan pembentukan karakter pada siswa setelah mereka memabaca dan menemukan hal hal yang dapat memotivasi mereka Salah satu pembelajaran yang diterapkan pada seluruh aktivitas peserta didik, baik di sekolah maupun di masyarakat, bukan dalam bentuk materi pendidikan yang hanya dapat direkam dan dihafal serta tidak dapat dievaluasi dalam waktu singkat.Kemudian di lingkungan rumah misalnya melalui proses menjadi kebiasaan dan terus dilakukan.Oleh karena itu, keberhasilan pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama antara guru, masyarakat, dan orang tua. Tokoh dan alur dongeng menyampaikan pesan moral yang dapat ditiru oleh siswa.karakter yang dapat ditanamkan dalam dongeng antara lain sopan santun, disiplin, nilai moral, spiritualitas, religius, tanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah, dll.References
Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng rani astria silvera harahap. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 59.
Mariana, S., Wahyuningsih, S., Wayuningsih, L., & Samudera, W. (2022). Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerita Daerah Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 1(1), 60–69. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v1i1.7
Petrisia Tawasako, Fatlina Zainuddin, & Niluh Putu Evvy Rossanty. (2023). STRATEGI PENINGKATAN LITERASi SISWA SD INPRES BOYAOGE PALU. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2), 11–22. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.113
Prastya, C., Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Putri, N. D., Rizal, E., & Kurniasih, N. (2020). Konstruksi makna pegiat Kelompok Dongeng Bengkimut. 8(1), 69–84.
Selatan, D. I. K. (2022). ( Educator ’ s NeedsFor Extension Materials Of Literary Appreciation..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Satriawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.