SINERGI UNIVERSITAS DAN KEMENKEU MELALUI PROGRAM MAGANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24955

Keywords:

Sinergi, Kemampuan, Magang.

Abstract

Program magang adalah salah satu cara mahasiswa mengetahui dan mengenal tentang dunia kerja yang sebenarnya. Melalui kegiatan atau program magang mahasiswa juga dapat meningkatkan serta mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki. Dengan demikian, secara tidak langsung program magang menjadi bagian yang penting bagi mahasiswa. Maka, perguruan tinggi sebagai jenjang Pendidikan yang ditempuh sebelum mahasiswa mejadi tenaga kerja perlu melakukan sinergi dengan pihak luar yaitu pihak pemberi kerja. Sinergi tersebut ditujukan dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa serta dalam rangka menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan kemampuan yang dimiliki dan dibutuhkan oleh pihak pemberi kerja. Program magang ini merupakan kegiatan pengabdian yang penulis lakukan. Pengabdian ini menggunakan metode partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari pengabdian berupa kegiatan magang ini adalah Menginput permintaan laporan pelaksanaan KSWP Periode 2023, Menginput data pada aplikasi SISTEM Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN), Memverifikasi kelengkapan dokumen Satuan Kerja yang mengirim surat permohonan pemanfaatan BMN, Mengisi SK PSP. kegiatan pengabdian berupa magang ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya magang yang dilaksanakan oleh Kementerian Keuangan, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki yaitu berupa kemampuan softskill dan hardskill.

References

Arifin, Z. (2017). Magang Mahasiswa Program Sarjana Perguruan Tinggi LPTK.

Hia, L. M., Oktavianus, S., Sidebang, S. K., & Kuang, T. M. (2023). Dampak Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Mahasiswa Akuntansi. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(4), 2796–2806.

MY, A. S., & Anggraini, D. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terhadap Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sahid. Management and Accounting Expose, 4(2).

Sari, S. P., Witono, B., & Nugroha, H. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.).

Setiawan, J. L., & Thenarianto, J. J. (2021). Menciptakan Magang yang Bermakna untuk Mahasiswa S1 Psikologi Indonesia: Pekerjaan Rumah bagi Perguruan Tinggi dan Pendidik.

Suhendra, H., Irdhayanti, E., & Mufrihah, M. (2023). Peran Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (Studi Kasus Kegiatan Magang di Ombudsman). Jurnal Economina, 2(5), 1101–1116.

Sulasmi, S. (2009). Peran variabel perilaku belajar inovatif, intensitas kerjasama kelompok, kebersamaan visi dan rasa saling percaya dalam membentuk kualitas sinergi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 13(2), 219–237.

Syafitri, D., Ramadhani, P. F., Sitanggang, C. N., Maharani, P. N., & Siregar, D. Y. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Magang Terhadap Motivasi dan Kinerja Mahasiswa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 179–182.

Wasih, W., & Tama, M. M. L. (2023). Manfaat Mahasiswa Magang Dalam Program MBKM Kerjasama Antar Universitas Bina Darma Palembang Dengan Pemkab Banyuasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 536–547.

Sari S, Witono B, Nugroho H. (2021). Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.)

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Sakti, S. I. L. ., & Asy’ari, M. A. . (2024). SINERGI UNIVERSITAS DAN KEMENKEU MELALUI PROGRAM MAGANG DALAM RANGKA PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2085–2091. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24955

Similar Articles

<< < 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.