PENDAMPINGAN UMKM KONVEKSI DAN PERCETAKAN DIKELURAHAN ROMANG POLONG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35528Keywords:
UMKM, Manajemen Keuangan, SDM, Konveksi dan PercetakanAbstract
Pendampingan UMKM konveksi dan percetakan di Kelurahan Romang Polong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini secara umum menggunakan pendekatan partisipatoris melalui pelibatan mitra secara aktif dalam perancangan metode pelaksanaan kegiatan. Program ini dilaksanakan oleh STIE YPUP Makassar, yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam memberikan pelatihan serta bimbingan teknis kepada pelaku UMKM, khususnya UMKM Ayo Clothing, yang bergerak di bidang produksi pakaian seragam dan cetakan lainnya. Tujuan utama dari pendampingan ini adalah untuk meningkatkan level keberdayaan mitra khususnya pada aspek manajemen keuangan dan aspek perbaikan SDM mitra, sehingga dapat bersaing di pasar lokal maupun regional. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menciptakan solusi berkelanjutan yang dapat membantu UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi pasca-pandemi. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan keterampilan pengelolaan keuangan melalui pembuatan software pembukuan, pendampingan pembuatan job description, serta manajemen usaha. Dengan pendekatan yang komprehensif ini, diharapkan UMKM Ayo Clothing di Romang Polong dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan pengembangan SDM. Serta dampak positif dari program ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang, peningkatan pendapatan bagi pelaku UMKM dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Program ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam pengembangan UMKM yang berkelanjutanReferences
Adam, M., Ibrahim, M., Ikramuddin, & Syahputra, H. (2020). The role of digital marketing platforms on supply chain management for customer satisfaction and loyalty in small and medium enterprises (SMEs) at Indonesia. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 1210–1220.
Baso, M., & Daryanti, D. (2022). Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 7(2), 355–363. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411
Fawzeea, B. K., Sofiyah, F. R., Sudardjat, I., & Muda, I. (2019). The role of technology marketing micro business, small and medium enterprises (Smes) agents for repurchase intention and its impact on the community satisfaction (case in Indonesia). International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1724–1730.
Herman, H. (2017). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan yang Dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Terhadap Minat Berwirausaha Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 57–68.
Hidayati, Wediawati, B., & Sari, N. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Dibidang Start-Up (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Kosentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 38–45. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/26502%0Ahttps://mail.online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/download/26502/15924
Kementerian koordinator bidang perekonomian. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
News, U. (2024). Potensi dan Tantangan dari Bangkitnya Sektor Usaha Kafe Setelah Pandemi COVID-19. https://unair.ac.id/potensi-dan-tantangan-dari-bangkitnya-sektor-usaha-kafe-setelah-pandemi-covid-19/
Pranata, A., & Sihombing, M. (2022). Analisis Peluang Usaha dalam Upaya Mempertahankan Keberlangsungan Usaha di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Social Research, 1(7), 773–784. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.150
Purwanti, E. (2018). Analisis Pengetahuan Laporan Keuangan Pada Umkm Industri Konveksi Di Salatiga. Among Makarti, 10(2). https://doi.org/10.52353/ama.v10i2.152
ROIS AKBAR, Ir. Subagyo, Ph.D.; Noor Akhmad Setiawan, S.T., M.T., P. D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Terintegrasi: Aplikasi Make-to-Order Untuk UMKM Konveksi. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/155075
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ihsan HM. Baso, Daryanti Daryanti, Abdul Sumarlin, Fatmariah Sudarming, Resky Anugerah Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










