PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL PADA TOKO BANGUNAN YUPINDO JAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24596Keywords:
Pemasaran Digital, Media Sosial, Toko Bangunan Yupino JayaAbstract
Tujuan dari pelaksanaan kerja praktek ini berupa mengimplementasikan strategi pemasaran digital untuk memperluas cakupan Toko Yupindo Jaya dan menambah jumlah pelanggan. Dalam sasaran implementasi, memperkenalkan usaha ke segmen pasar yang lebih luas untuk meningkatkan omset penjualan secara signifikan. Peningkatan jumlah Pelanggan Toko Yupindo Jaya, tujuan utama adalah meningkatkan jumlah pelanggan yang berpotensi membawa dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis. Peningkatan brand awareness secara digital, sehingga banyak orang yang mengenal walaupun tidak berada di sekitar Toko Yupindo Jaya. Penerapan pemasaran digital ini diharapkan memberikan dampak positif dalam jangka panjang dengan membangun basis pelanggan yang stabil dan setia. tau kesimpulan singkat. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah survei, wawancara dan observasi. Hasil dari praktek ini adalah Toko Yupindo Jaya telah memulai perjalanan positif dengan bantuan promosi online dan penggunaan banner. Langkah-langkah ini membuktikan bahwa toko tersebut dapat mengalami perkembangan yang signifikan asalkan upaya promosi di ranah digital dilakukan secara konsisten. Dengan memanfaatkan media sosial, pembuatan banner yang menarik, dan keberadaan online, Toko Yupindo Jaya dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran mereknya. Penting untuk terus konsisten dalam upaya promosi digital ini agar pertumbuhan bisnis dapat berlangsung secara berkelanjutan dan menghasilkan hasil yang maksimal di pasar online.References
Arulampalam Kunaraj, P.Chelvanathan, Ahmad AA Bakar, I. Y. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Pada Toko Bangunan Prima Jaya. JEMBA?: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 243–250.
Andi P. Wati, J Aulia Martha, A. I. (2019). Digital Marketing. Edulitera
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Glen Irwinto Laluyan, Imam Wibowo, Amanda Setiorini. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Jd.Id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Vol 7(3).
Lembong, a M., & Kojo, C. (2023). Analysis of the Use of Digital Marketing in Increasing Consumer PurchasesAt Restaurants Mm Juice Manado. Jurnal EMBA, 11(1), 1261–1270.
Nizar, janathanan, (2018), Impact of Digital Marketing on Consumer Purchase Behaviour, APIIT Business, Law & Technology Conference.
Naashir, M. I., Pertiwi, S., Sandi, H., Informatika, T., Ilmu, F., Universitas, K., & Perjuangan, B. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Upaya Pemasaran Produk Secara Digital Untuk Pelaku. 2(1), 3438–3443.
Prasetyo Andy, Jefry A. M, A. I. (2019). Digital Marketing (Nadya Artha Fransiska (ed.); pertama). PT Literindo Berkah Karya.
Rahmatul Jannatin N, M. Wahyu Wardhana, RudiHaryanto, AgusPebriyanto. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Polteknik Negeri Banjarmasin. Jurnal Impact : Implementation and Action. Vol 2(2).
Rizky, M. F., & Permana, E. (2022). Analisis Strategi Bisnis Menggunakan Digital Marketing Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 142–150. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6820
Saputra, D. H., Halim, A., Kusuma, P., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah Business and Management View project Consumers Behavior View project (Issue February 2021). https://www.researchgate.net/publication/348945347
Saputra, S., & Rangkuti, P. W. (2023). The Application of Digital Marketing to MSMEs Mandiri Maju Jaya Store. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 701–713. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i1.2384
Aisyah, Siti. & Rachmadi, Kartika Rose. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3(2). DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Sudaryanto, Edy. (2021). Kajian Penyusunan Kisi Kisi Materi Teknik Wawancara
Program Studi Ilmu Komunikasi. RELASI : Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol 1 (2).
Tbyupindojaya. (2023). Akun Instagram. www.instagram.id
Taufiq Rizaldi, Hermawan Arief Putranto. (2018). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. ISBN : 978-602.
Yanthi, P. E. R. D., Nirmala, N. K. D. P., & Dewi, N. P. S. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Digital Marketing Pada Crème Pastry di Denpasar Barat Tahun 2022. Jurnal Arthaniti Studies, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.5281/zenodo.7776553.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Metta Noviani, Renza Fahlevi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.