PELATIHAN PENYUSUNAN TES DAN RUBRIK PENILAIAN BAGI GURU BAHASA ARAB CHONGRAKSAT WITTAYA SCHOOL THAILAND

Authors

  • Ihwan Mahmudi Universitas Darussalam Gontor
  • Agus Yasin Universitas Darussalam Gontor
  • Ardiyanti Ardiyanti Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24277

Keywords:

Tes, Rubrik Penilaian, Analisis Butir Soal.

Abstract

Kemampuan guru Bahasa arab di Chongraksat Wittaya School dalam menyusun tes dan rubrik penilaian keterampilan berbahasa arab masih belum maksimal sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut klasterisasi permasalahan yang dihadapi mitra meliputi: 1) kemampuan guru dalam menyusun tes masih kurang karena belum menganalisa validitas, reliabilitas, taraf sukar, dan daya beda soal, dan 2) dalam menilai keterampilan berbahasa siswa, guru belum menggunakan rubrik penilaian yang obyektif. Metode pelaksanaan program pengabdian dilakukan dengan pelatihan. Indikator ketercapaian program dilihat dari peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal Bahasa arab dan rubrik penilaian keterampilan berbahasa. Berdasarkan pelaksanaan didapatkan bahwa kemampuan guru Bahasa arab dalam menyusun tes dan mengembangkarn rubrik penilaian mengalami peningkatan.

References

Mahmudi, I. (2018). Rubrik Analitik Penilaian Hasil Belajar Praktik Pendidikan Agama Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 32–154.

Mahmudi, I. (2020). Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Lintang Books.

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumua, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.

Mahmudi, I., Nurwardah, A., Rochma, S. N., & Nurcholis, A. (2023). Item Analysis Of Arabic Language Examination. 6(3), 563–573.

Yuniarsih, Ihwan mahmudi, Lipur Sugiyanta, F. F. (2021). Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang di Masa Pandemi. 1, 71–77.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Mahmudi, I., Yasin, A. ., & Ardiyanti, A. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN TES DAN RUBRIK PENILAIAN BAGI GURU BAHASA ARAB CHONGRAKSAT WITTAYA SCHOOL THAILAND. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2544–2548. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24277