PELATIHAN PENYUSUNAN TES DAN RUBRIK PENILAIAN BAGI GURU BAHASA ARAB CHONGRAKSAT WITTAYA SCHOOL THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24277Keywords:
Tes, Rubrik Penilaian, Analisis Butir Soal.Abstract
Kemampuan guru Bahasa arab di Chongraksat Wittaya School dalam menyusun tes dan rubrik penilaian keterampilan berbahasa arab masih belum maksimal sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut klasterisasi permasalahan yang dihadapi mitra meliputi: 1) kemampuan guru dalam menyusun tes masih kurang karena belum menganalisa validitas, reliabilitas, taraf sukar, dan daya beda soal, dan 2) dalam menilai keterampilan berbahasa siswa, guru belum menggunakan rubrik penilaian yang obyektif. Metode pelaksanaan program pengabdian dilakukan dengan pelatihan. Indikator ketercapaian program dilihat dari peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal Bahasa arab dan rubrik penilaian keterampilan berbahasa. Berdasarkan pelaksanaan didapatkan bahwa kemampuan guru Bahasa arab dalam menyusun tes dan mengembangkarn rubrik penilaian mengalami peningkatan.References
Mahmudi, I. (2018). Rubrik Analitik Penilaian Hasil Belajar Praktik Pendidikan Agama Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 32–154.
Mahmudi, I. (2020). Evaluasi Pendidikan (1st ed.). Lintang Books.
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusumua, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.
Mahmudi, I., Nurwardah, A., Rochma, S. N., & Nurcholis, A. (2023). Item Analysis Of Arabic Language Examination. 6(3), 563–573.
Yuniarsih, Ihwan mahmudi, Lipur Sugiyanta, F. F. (2021). Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang di Masa Pandemi. 1, 71–77.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ihwan Mahmudi, Agus Yasin, Ardiyanti Ardiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










