PELATIHAN MOTIVASI DAN EDUKASI PENGGALIAN POTENSI TALENT SCOUTING SISWA MADRASAH KELAS XII PP MAS AL URWATUL WUUTSQA BENTENG

Authors

  • Muhammad Aksan Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Sam Hermansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Syahrir L Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nurmayanti Nurmayanti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Riska Wati Riska Wati Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Hidayah Hidayah Tenaga Pengajar PP MAS Al Urwatul Wutsqaa Benteng

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23974

Keywords:

Beasiswa, Motivasi Belajar, Minat, Bakat, Seminar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di PP MAS Al Urwatul Wuutsqaa Benteng melalui kegiatan workshop dan seminar dengan tema “ The Inclusivity in Education”. Kegiatan seminar sehari ini terlaksana atas Kerjasama antara tim pengabdina LP3M -PLP I Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang dan pihak mitra sekolah dengan melibatkan 112 peserta seminar aktif yakni kelas XII jenjang aliyah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan motivasi berprestasi dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan peluang beasiswa yang disiapkan baik pemerinta maupun pihak swasta. Metode yang diterapkan yakni kegiatan incidental dalam bentuk ceramah dan diskusi antara narasumber dan peserta seminar, berikut penyebaran angket untuk mengetahui dampak dari kegiatan seminar dan workshop yang sudah terlaksana. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan luaran berupa adanya peningkatan motivais untuk beprestasi dan hasil pre- test dan post -test sebaran angket menunjukakn lebih dari 90 %  peserta mengaku bahwa seminr ini adalah yang pertama kali dan memberikan manfaat motivasi dan pengetahuan mengenai peluang menjadi siswa madrasah berprestasi dan mendapatkan beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan pengabdian diharapkan menjadi langkah awal dan pemicu agar siswa/siswi madrah yang telah ikut seminar dapat memotivasi siswa lainnya disekitar mereka terutama dalam penyebaran informasi agar lebih prestatif pasca lulus dari sekolah madrasah tersebut.  

References

Afrijal, Syarifudin, & Alfian. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. J. Mitra PGMI, 6(1), 76–91.

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ASPEK KOGNITIF DAN ASPEK KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs PP AL-URWATUL WUTSQAA BENTENG SIDRAP. July, 1–23.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15334

Nabila Kharisma ?, L. L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833–846.

Patonah, R. (2016). PENGARUH BUDAYA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Banjar). Jurnal Ilmiah EDUKASI, 4(3), 281–288.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Aksan, M. ., Hermansyah, S. ., L, S. ., Nurmayanti, N., Riska Wati , R. W. ., & Hidayah, H. (2024). PELATIHAN MOTIVASI DAN EDUKASI PENGGALIAN POTENSI TALENT SCOUTING SISWA MADRASAH KELAS XII PP MAS AL URWATUL WUUTSQA BENTENG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 422–426. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23974

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.