STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERLUAS PANGSA PASAR SERTA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK KERIPIK UBI DI RW 01 RT 01 DESA GUNUNG KIJANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23660Keywords:
Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Volume Penjualan, UMKM, Analisis SWOT, PemasaranAbstract
Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Adapun yang menjadi fokus permasalahan pada keripik pedas ibu juria dari hasil pengamatan dilapangan adalah kurangnya pemasaran yang dilakukan yaitu kurangnya tempat penjualan dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar serta meningkatkan volume penjualan dengan melakukan strategi-strategi pemasaran pada keripik ubi pedas Ibu Juria. Dengan demikian maka peran informasi pemasaran menjadi isu strategis. Yang terjadi adalah terpikatnya industry kecil oleh dorongan pada konsentrasi yang kurangnya market oriented. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan penjualan serta meningkatnya hasil produksi pada keripik pedas ibu juria.References
Alamsyahbana, M. I. (2023). Manajemen Keuangan UMKM (Nomor March, hal. 34–45). Media Sains Indonesia.
Sarinah. (2017). Pengantar Manajemen. CV. Budi Utama.
Satori, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV.
Sekar Putri, A., Katmila Sari, A., Kurniawati Simanjuntak, E., Indah Sahputri, H., Iqbal, M., Rizkiyanto, N., Manajemen, P., Pembangunan Tanjungpinang, S., & Akuntansi, P. (2023). Implementasi Facebook Marketplace Untuk Produk Umkm Rengginang Ibu Supartin Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online. Community Development Journal, 4(2), 4162–4165.
Janah, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Perusahaan Roti Kiky Di Kandangan. Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/3572/%0Ahttp://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/3572/1/Raudatul %28journal%29.Pdf
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan
Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Dan Manajemen, 4(3), 395–406.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Octojaya Abriyoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.