STOCKLAB SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI PASAR MODAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23592Keywords:
BEI, Investasi, Literasi Keuangan, StocklabAbstract
Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia relative masih rendah, terutama terkait Pasar Modal. Dibandingkan dengan literasi produk keuangan lainnya pasar modal adalah salah satu yang paling rendah di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat massif mengedukasi masyarakat terkait pasar modal. Sala satu media pembelajaran pasar modal yang dikenalkan oleh OJK dan BEI adalah permainan Stocklab. Permainan ini menghadirkan suasana transaksi di BEI. Melalui pengenalan keuangan yang menarik seperti Permainan Stocklab lebih membuat penyampaian materi yang terkesan berat menjadi lebih menyenangkan. Sehingga pemahaman tentang keuangan khususnya terkait investasi di Pasar Modal menjadi lebih mudah dipahami khususnya di kalangan remaja termasuk siswa sekolah menengah atas. Remaja dan rasa ingin tahunya yang tinggi perlu untuk diarahkan kepada kegiatan yang bermanfaat. Pengenalan tentang kesadaran pengelolaan keuangan adalah salah satunya. Dengan memahami keuangan sejak dini, remaja diharapkan mampu merencanakan keuangan, dan memanfaatkan layanan keuangan seperti investasi di Pasar Modal sedini mungkin.References
Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). Elektronik Jurnal Riset Akuntansi. 08(05), 38-52.
Ghofur, M.A., dan N.R.Q. Ag’yun. (2019). Does the Stocklab Game Increase Students Understanding on Stock Markets?. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 7(2). 129-136.
Gulo, Y., dan I.A. Djahsan. (2019). Pengenalan Pasar Modal Dan Stocklab Games Di SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Prosiding PKM-CSR. Vol.2. 1161-1174
Otoritas Jasa Keuangan (2022). Booklet Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Retrieved from https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Booklet-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun2022/
Mantulangi, N. (2017). Kajian Hukum Investasi Dan Perlindungan Terhadap Korban Investasi Bodong. Jurnal Lex Administratum. 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/administratum/article/view/15138/14701
Mardhiah, A. dan k. Khairina. (2021). Pengenalan Pasar Modal Pada Siswa Madrasah Aliyah Ulumuddin Melalui Games Stocklab. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 10(2). 181-190
Muhatri, (2020). Media Pembelajaran Stocklab Berbasis Multimedia. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti). Vol 4(2). 202022.pdf
Taru Andi, (2018). [Review] $Tocklab, Kembangkan Asetmu Dalam Pasar Modal. Access: Https://Www.Playday.Id/Blog/22-Stocklab-Boardgame-Review
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farah Juniati Meutianingrum, Ikram Yakin, Virani Mbere
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.