STOCKLAB SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI PASAR MODAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Authors

  • Farah Juniati Meutianingrum Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ikram Yakin Universitas Tanjungpura
  • Virani Mbere Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23592

Keywords:

BEI, Investasi, Literasi Keuangan, Stocklab

Abstract

Tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia relative masih rendah, terutama terkait Pasar Modal. Dibandingkan dengan literasi produk keuangan lainnya pasar modal adalah salah satu yang paling rendah di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat massif mengedukasi masyarakat terkait pasar modal. Sala satu media pembelajaran pasar modal yang dikenalkan oleh OJK dan BEI adalah permainan Stocklab. Permainan ini menghadirkan suasana transaksi di BEI. Melalui pengenalan keuangan yang menarik seperti Permainan Stocklab lebih membuat penyampaian materi yang terkesan berat menjadi lebih menyenangkan. Sehingga pemahaman tentang keuangan khususnya terkait investasi di Pasar Modal menjadi lebih mudah dipahami khususnya di kalangan remaja termasuk siswa sekolah menengah atas. Remaja dan rasa ingin tahunya yang tinggi perlu untuk diarahkan kepada kegiatan yang bermanfaat. Pengenalan tentang kesadaran pengelolaan keuangan adalah salah satunya. Dengan memahami keuangan sejak dini, remaja diharapkan mampu merencanakan keuangan, dan memanfaatkan layanan keuangan seperti investasi di Pasar Modal sedini mungkin.

References

Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). Elektronik Jurnal Riset Akuntansi. 08(05), 38-52.

Ghofur, M.A., dan N.R.Q. Ag’yun. (2019). Does the Stocklab Game Increase Students Understanding on Stock Markets?. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 7(2). 129-136.

Gulo, Y., dan I.A. Djahsan. (2019). Pengenalan Pasar Modal Dan Stocklab Games Di SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Prosiding PKM-CSR. Vol.2. 1161-1174

Otoritas Jasa Keuangan (2022). Booklet Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Retrieved from https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Booklet-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun2022/

Mantulangi, N. (2017). Kajian Hukum Investasi Dan Perlindungan Terhadap Korban Investasi Bodong. Jurnal Lex Administratum. 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/administratum/article/view/15138/14701

Mardhiah, A. dan k. Khairina. (2021). Pengenalan Pasar Modal Pada Siswa Madrasah Aliyah Ulumuddin Melalui Games Stocklab. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 10(2). 181-190

Muhatri, (2020). Media Pembelajaran Stocklab Berbasis Multimedia. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-Sakti). Vol 4(2). 202022.pdf

Taru Andi, (2018). [Review] $Tocklab, Kembangkan Asetmu Dalam Pasar Modal. Access: Https://Www.Playday.Id/Blog/22-Stocklab-Boardgame-Review

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Meutianingrum, F. J. ., Yakin, I. ., & Mbere, V. . (2024). STOCKLAB SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI PASAR MODAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1577–1582. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23592

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.