SOSIALISASI AKUNTANSI SOSIAL DAN LINGKUNGAN BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH KOTA JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23400Keywords:
Akuntansi Sosial; Akuntansi Lingkungan; Sustainability; Environment Disclosure; Social DisclosureAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk menambah wawasan bagi para mahasiswa tentang betapa pentingnya konsep usaha yang berkelanjutan, sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa tentang betapa pentingnya kepedulian sustainability lingkungan dan sutainability sosial. Untuk itu penyampaian materi terkait konsep akuntansi sosial dan lingkungan perlu diberikan sejak dini. Seiring dengan berkembangnya isu lingkungan global, terjadi perubahan paradigma akuntansi yang menganjurkan bahwa fokus dari proses akuntansi tidak hanya pada transaksi keuangan tetapi juga transaksi peristiwa sosial dan lingkungan. Hal ini mengandung implikasi bahwa laporan tidak hanya terbatas pada pelaporan keuangan, melainkan juga mencakup pelaporan sosial dan lingkungan. Urgensi reformasi akuntansi konvensional menuju akuntansi keberlanjutan, sebab relevan dengan realitas akuntansi saat ini. Pengetahuan mengenai Akuntansi sosial dan lingkungan ini sangat kurang dipahami oleh siswa MA Mambaul Ulum sedangkan isu sosial dan lingkungan ini merupakan permasalahan yang belakangan serius ditangani oleh berbagai negara di dunia selain itu juga kurangnya kepedulian siswa terhadap sustainability lingkungan dan kepedulian sosial juga menjadi fokus permasalahan pada pengabdian masyarakat ini.References
Brazdauskas, M. (2015). Promoting Student Innovation-driven Thinking and Creative Problem Solving For Sustainability and Corporate Social Responsibility. Journal of Creativity and Business Innovation, 1, 75–87. www.journalcbi.comhttp://www.journalcbi.com/sustainability-and-csr.html
Kuswanto, R. (2019). Penerapan Standar Gri Dalam Laporan Keberlanjutan Di Indonesia: Sebuah Evaluasi. Jurnal Bina Akuntansi, 6(2), 1–21. https://doi.org/10.52859/jba.v6i2.59
Ruiz-Palomino, P., Martínez-Cañas, R., & Jiménez-Estévez, P. (2019). Are corporate social responsibility courses effective? A longitudinal and gender-based analysis in undergraduate students. Sustainability (Switzerland), 11(21). https://doi.org/10.3390/su11216033
Sanchez, M. H. (2015). Introducing the Concepts of Sustainability and Corporate Social Responsibility to Accounting Students. Business Education & Accreditation, 7(2), 69–73. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92125-1
Stephens, J. C., Hernandez, M. E., Román, M., Graham, A. C., & Scholz, R. W. (2008). Higher education as a change agent for sustainability in different cultures and contexts. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(3), 317–338. https://doi.org/10.1108/14676370810885916
Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851
Wahyuningtyas, E. T., Susesti, D. A., & Murtadho, M. (2022). Does sustainability reporting improve financial and non financial performance in Indonesia Companies? Proceedings of the International Conference on Sustainable Innovation Track Accounting and Management Sciences (ICOSIAMS 2021), 201, 242–246. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211225.034
Wijayanti, R., Sari, S. P., & Kurniawati, L. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Calon Akuntan dalam Menghadapi Era Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pemahaman Konsep Akuntansi Sosial dan Lingkungan. The 15th University Research Colloqium 2022, 108–113. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/2037/2000
Yasrawan, K. T., & Werastuti, D. N. S. (2022). Bagaimana Peran Dan Penerapan Akuntansi Hijau Di Indonesia? Jurnal Akuntansi Kontemporer, 14(3), 151–161. https://doi.org/10.33508/jako.v14i3.3514
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lalu M. Syahril Majidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.