PELATIHAN DIGITAL PEMASARAN GULA PUAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DI DESA RAMBUTAN

Authors

  • Adelya Agustina Universitas Bina Darma
  • Leon A. Abdillah Universitas Bina Darma

Keywords:

Instagram, Gula Puan, MEMES, Social Media, Shopee

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah untuk menyelidiki pengaruh transformasional upaya pelatihan digital terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Penelitian yang berfokus pada pemasaran gula puan, produk daerah dari Desa Rambutan ini menyelidiki bagaimana pemanfaatan platform media sosial meningkatkan akses pasar bagi produsen skala kecil. Esai ini menekankan pemberdayaan petani dan pengusaha melalui program pelatihan digital yang dipersonalisasi, membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan media sosial secara efektif untuk pemasaran dan penjualan produk. Cara ini, dengan memanfaatkan taktik pemasaran baru, tidak hanya meningkatkan kesadaran dan potensi penjualan gula puan, tetapi juga menambah kesejahteraan perekonomian desa. Studi ini berfokus pada saling ketergantungan antara teknologi, kewirausahaan, dan pembangunan berkelanjutan, serta menyoroti potensi platform digital dalam mendorong perekonomian lokal dan mendukung keberlanjutan sosio-ekonomi di wilayah pedesaan.

References

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening Media Publishing.

Abdillah, L. A., Aprilia, F., Neisya & Hurriyati, D. (2023). Pelatihan Pembuatan Materi Video Pembelajaran Menggunakan Powerpoint 365 di SD Negeri 75 Palembang. Community Development Journal, 4(2), 2144–2149. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13488

Abdillah, L. A. & Kurniasti, A. (2022). Mobile-based COVID-19 Vaccination Registration Application Prototype. SinkrOn?: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(3), 2152–2159. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i3.11779

Abdillah, L. A., Putri, D. K. & Artavi, A. (2023). Enterprise Digital Payment Trends Survey Post COVID-19 Situation. Scientific Journal of Informatics (SJI), 10(2), 105–112. https://doi.org/10.15294/sji.v10i2.43068

Adellia & Abdillah, L. A. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Journal of Software Engineering Ampera (Journal-SEA), 1(3), 144–159. https://doi.org/10.51519/journalsea.v1i3.52

Afriyudi, Abdillah, L. A., Marlindawati & Fatmasari. (2022). Pelatihan Pemrograman Mobile Berbasis Cloud (SMA Unggulan Negeri 17 Palembang). Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology (JPM ITech), 1(2), 7–16.

Bumann, J. & Peter, M. K. (2019). Action fields of digital transformation – a review and comparative analysis of digital transformation maturity models and frameworks. In A. H. Verkuil, K. Hinkelmann & M. Aeschbacher (Eds.), Digitalisierung und andere Innovationsformen im Management. Innovation und Unternehmertum. (Issue November 2019, pp. 13–40).

Hidayat, Y. W., Abdillah, L. A., Prayuda, I., Kusumo, A. J., Pranata, D. U. & Syarriansyah, M. (2020). Designing Palembang’s Typical Culinary Information Systems Based on Website and Social Media. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 9(2), 343. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i2.817

Kennedy, A. (2021). Social Media Marketing Strategy: TikTok and Instagram Reels With Ashley Kennedy. https://www.linkedin.com/learning/social-media-marketing-strategy-tiktok-and-instagram-reels

Laili, R., Abdillah, L. A., Yulianingsih, E. & Seprina, I. (2021). Sharing Informasi Pedoman Cuci Tangan Untuk Pencegahan COVID-19 Berbasis Sosial Media di SD Negeri 88 Palembang. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(1), 67–73. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1.1349

Nuere, S. & de Miguel, L. (2020). The Digital/Technological Connection with COVID-19: An Unprecedented Challenge in University Teaching. Technology, Knowledge and Learning, July, 1–21. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09454-6

Presiden Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Rahadi, D. R. & Abdillah, L. A. (2013). The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO2013).

Statista. (2021). Most popular social networks worldwide as of July 2021, ranked by number of active users (in millions). https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/

Supratman, E., Abdillah, L. A., Hurriyati, D. & Mukmin, C. (2022). Tracer Study Berbasis Teknologi Informasi dan Psikologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i1.1686

TriHandayani, A. & Abdillah, L. A. (2019). Analisis Penerimaan Pengguna dalam Memanfaatkan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Bina Darma Conference Computer Science (BDCCS2019), 2214–2221. http://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/download/473/412

United Nation. (2023). The Sustainable Development Goals Report 2023. https://unstats.un.org/sdgs/report/2023/The-Sustainable-Development-Goals-Report-2023.pdf

Valacich, J. & Schneider, C. (2018). Information Systems Today?: Managing in the Digital World (8th ed.). Pearson Education, Inc.

Waxman, M. (2022). Social Media Marketing: Strategy and Optimization. https://www.linkedin.com/learning/social-media-marketing-strategy-and-optimization-17002666

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Agustina, A. ., & Abdillah, L. A. . (2023). PELATIHAN DIGITAL PEMASARAN GULA PUAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DI DESA RAMBUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12261–12267. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22775