DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PERLUASAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN SINGKONG

Authors

  • Siska Elvani Universitas Nusa Cendana
  • Fransiska C.S.D. Asan Universitas Nusa Cendana
  • Irwanto Irwanto Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22666

Keywords:

Pemasaran Digital, Pemasaran, Usaha Mikro

Abstract

Permanfaatan perkembangan teknologi dilakukan oleh manusia di segala aspek kehidupannya. Perkembangan teknologi ini juga berdampak pada pemasaran produk. Digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan teknologi dan internet sehingga terjadi komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli serta dapat memperluas jangakauan pasar. Usaha kecil pengolahan singkong di Kabupaten Trenggalek mengalami kesulitan dalam mengikuti perkembangan teknologi yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi sehingga peserta dapat memperoleh pengetahuan baru. Setelah dilakukan penyuluhan diharapkan pelaku usaha kecil dapat melakukan digital marketing untuk memperluas pemasaran yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan.

References

Arifudin, Opan. 2020. PKM Pembuatan Kemasan dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Barat. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 03 No 02.

Arifudin, Opan. 2020. PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi, dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong di Subang Jawa Barat. Integritas: Jurnal Pengabdian. Vol 04 No 01.

Bangun, Cicilia S., dan Purnama, Suryari. 2023. Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Adimas: Adi Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 03 No 02.

Fenriyantoro, MT., dan Arisandi, Debby. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara. Vol. 01 no. 02.

Nuraisyah., Haryono, Dandan., dan Lutfiani. 2023. Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sarjo (Membentuk dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda dan Pemula). SiKemas Jurnal: Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 02 No 02.

Ramadhana, YD., dan Subekti, Sri. 2021. Pemanfaatan Metode Penyuluhan Pertanian Oleh Petani Cabai Merah. Jurnal Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian (Kirana). Vol. 02 No. 02.

Satu Data Statistik Sektoral. 2022. Data Produksi Pertanian Ubi Kayu. https://satudata.trenggalekkab.go.id/dataset/243/2022/data-produksi-pertanian-ubi-kayu. Diakses 31 Oktober 2023.

Sanjaya, PK., Hartati, NP., dan Premayani, NW. 2020. Pembeerdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing. Caradde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 03 No.01.

Sulaksono, Juli., dan Zakaria, Nizar. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal. Vol 04 No 01.

Tresnawati, Yuni., dan Prasetyo, Kurniawan. 2022. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal Of New Media and Communication. Vol 01 No 01.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Elvani, S. ., Asan, F. C. ., & Irwanto, I. (2023). DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PERLUASAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN SINGKONG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11689–11692. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22666

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.