PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH STANDAR INTERNATIONAL PADA DOSEN UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22327Keywords:
Pelatihan, Penulisan, Karya Ilmiah, Standar International.Abstract
Melaksanakan penelitian merupakan tugas seorang dosen. Dosen melaksanakan penelitian memiliki tugas mengembangkan suatu cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah serta menyebarluaskannya baik secara perseorangan maupun berkelompok. Hasil karya ilmiah dosen dapat dipublikasikan dalam sebuah jurnal atau prosiding yang bereputasi nasional ataupun internasional. Berdasarkan data SINTA tahun 2023 rangking Universitas Amikom Purwokerto menempati ranking ke 302. Pada 3 tahun terakhir jumlah dokumen yang terindeks scopus mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan sebagian besar dosen belum terbiasa untuk menulis karya ilmiah dengan standar internasional dan pengetahuan serta kemampuan dosen di bidang penulisan dan publikasi karya ilmiah belum mencukupi untuk menulis jurnal dengan standar internasional. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarkat yang ditawarkan dengan memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah pada dosen Universitas Amikom Purwokerto. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan dosen membuat karya ilmiah, sehingga kualitas karya ilmiah yang dibuat sesuai standar internasional. Hasil kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sebanyak 80% peserta mendapatkan pengetahuan baru penulisan artikel ilmiah yang sesuai dengan standar international.References
Affiliation Profile. (2021). Retrieved November 18, 2021, from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://sinta.kemdikbud.go.id/affiliations/detail?id=8327&view=overview
Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365
Chairunnisa, C. (2015). Hubungan Tata Kelola Universitas Dan Profesionalitas Dosen, Dengan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(3), 184–197.
Fatmawati, E. (2017). Penguatan Publikasi Ilmiah Dosen Melalui Kiprah Pustakawan Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 63–78.
Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138.
Gunawan, G., Jufri, A. W., Sedijani, P., Hadiprayitno, G., & Bachtiar, I. (2019). Pelatihan Penulisan Pada Jurnal Internasional Bagi Dosen Dan Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Unram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Jiwandono, I. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi dengan Faktor Dampak yang Tinggi. Unram Journal of Community Service, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/ujcs.v1i1.5
Masic, I. (2013). The importance of proper citation of references in biomedical articles. Acta Informatica Medica, 21(3), 148–155. https://doi.org/10.5455/aim.2013.21.148-155
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
Retnaningdyastuti, S. R. (2015). Peningkatan Kinerja Dosen Melalui Publikasi Karya Ilmiah. SEMINAR NASIONAL PGSD 2015, 661–675.
Rohmah, N., & Huda, M. A. (2016). Strategi Penigkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.(Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.
Ruslan, I., Wibowo, A., & Lim, R. (2013). Website Penelusuran Artikel Ilmiah Dengan Memanfaatkan Parscit, Google Scholar Dan Mendeley Api. Jurnal Infra, 1(2), 168–173.
Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61–65.
Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13525
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Taqwa Hariguna, Retno Waluyo, Siti Muflikhatun, Nevita Cahaya Ramadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










