PENINGKATAN KAPASITAS UMKM MELALUI PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN DAN PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22306Keywords:
UMKM, Manajemen, PemasaranAbstract
UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Tujuan dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui program pelatihan manajemen dan pemasara. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi literature atau Library Research. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya pada literature hasil penelitian. Literature yang digunakan adalah literature dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat atau review yang tersaji dalam artikel ilmiah berupatasi nasional dan internasional yang bersesuaian dengan topik yang akan dikaji. Berdasarkan kajian literature pada hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: dengan memberikan pelatihan manajemen dan pemasaran dapat meningkatkan kapasistas UMKM. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu peningkatan pengetahuan tentang manajemen dan pemasaran.References
Basalamah , M. S. A. ., & Shaleh, M. . (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Manajemen Pemasaran Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Umkm Di Desa Tamangapa Kabupaten Pangkep. Celebes Journal Of Community Services, 2(1), 29–33. Https://Doi.Org/10.37531/Celeb.V2i1.294
Elfahmi & Jatmika, D (2019), Pengaruh Inovasi Terhadap Ukm Naik Kelas Melaluidaya Saing Produk ( Studi Ukm Kuliner Rahajeng Catering Pati Dan Indoburger Rembang), Media Mahardika, 17(3), 481-487
Endrawati, T. ., Safarudin, M. S. ., Windreis, C. ., Ar, M. ., Zahruddin, A. ., & Yusnanto, T. . (2023). Pelatihan Manajemen Bisnis Dan Pemasaran Online Bagi Umkm Di Berbagai Provinsi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4501–4512. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i2.15990
Mahfirah, T, F., Rahmi., Haneul., Tazkia., & Putri, C, A. (2023). Pelatihan Product Branding Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Bagi Umkm. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 20, No. 2. Https://Doi.Org/10.21009/Sarwahita.202.2
Munfaqiroh, Siti; Andiani, Lidia; Syadeli, Moh.. Peningkatan Kualitas Usaha Melalui Pelatihan Manajemen Dan Strategi Pemasaran. Jurnal Abm Mengabdi, [S.L.], V. 7, N. 1, P. 70-76, July 2020. Issn 2721-141x. Available At: . Date Accessed: 25 Nov. 2023.
Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Bagi Umkm Di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal Of Public Services), 4(1), 91-99
Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk Di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas Tpb Unram, 3(1).
Supri, Z., Sahrir, S., Hamid, R. S., Sultan, S., & Riyanti, R. (2023). Peningkatan Sistem Pengelolaan Keuangan Dan Pemasaran Digital Pada Umkm Chalodo Sibali Resoe. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2204-2211. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V10i4.1148
Wali, M. (2022). Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha Bagi Umkm Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia, 3(1), 33-38
Zahrudi, A., Ristati & Hamidah, E. (2023). Pelatihan Manajemen Pemasaran Terhadap Anggota Koperasi Dan Umkm. Sabajaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 5. Https://Journal.Sabajayapublisher.Com/Index.Php/Jpkm/Article/View/190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Nursalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.