PENINGKATAN KOMPETENSI UMKM MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22275Keywords:
Peningkatan Kompetensi, UMKMAbstract
Saat ini, jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia telah mencapai 57 juta, dimana sebagian besar merupakan para pelaku usaha mikro. Hal ini menunjukkan potensi UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi Indonesia untuk meningkatkan kemakmuran negeri. Sebagian UMKM di Karawang saat ini menghadapi tantangan serius dalam memahami dan mengimplementasikan konsep keberlanjutan dalam operasional bisnis mereka. Banyak di antara mereka belum memiliki pemahaman yang memadai tentang dampak positif yang dapat dihasilkan melalui praktik bisnis berkelanjutan. Kondisi ini memunculkan kebutuhan mendesak untuk menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan khusus bagi UMKM agar dapat menyusun strategi bisnis berkelanjutan. Rumah BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam menyusun strategi bisnis agar mempermudah pencapaian tujuan yang diikuti oleh 45 UMKM. Pelatihan dan pengembangan tersebut dimulai dengan melakukan penyusunan Company Profile yang diawali dengan merinci identitas bisnis mereka, visi, misi yang menarik tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan dan didampingi oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang. Kemudian para peserta diajak untuk secara kritis mengevaluasi posisi bisnis mereka di pasar melalui analisis swot. selanjutnya mengarah pada pembuatan Roadmap Goals yang jelas dan terukur. Sebagai tahap akhir, program ini mencakup perencanaan program kerja yang dimana setiap UMKM didorong untuk mengidentifikasi kegiatan dan inisiatif yang dapat mereka laksanakan untuk mencapai tujuan mereka.References
Nurfadilah Suci, Perancangan Website Company Profile Pada UMKM Orazio Multiusaha Indonesia, 2022
Ramadhan Husni Fauzi, et al., Analisis SWOT Pada UMKM (Baso Aci), 2023
Sari Maria Puspita, et al., Pendampingan Penyusunan Company Profile dan Proposal Usulan Insentif Kemenparekraf UMKM Mas Wied Sukoharjo, 2022
Sianturi Ronda Deli, Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM, 2020
Suzianti Amalia, et al., Perancangan Roadmap Produk dan Teknologi pada Uang Elektronik Chip-Based di Indonesia, 2015
Susanti E, Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arya Hafiddin Arya, Anggi Pasca Arnu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.