PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL MITIGASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21986Keywords:
Model Mitigasi, Kurikulum Merdeka, PAUDAbstract
Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu lebih dari 90% guru di KKG Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin Timur kesulitan dalam mengimplementasikan model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru guru-guru yang ada di KKg Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin Timur dalam meningkatkan mutu pembelajaran menggunakan model pembelajaran mitigasi. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Taman Kanak-Kanak Kenanga Kecamatan Banjarmasin Timur, pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh jumlah peserta sebanyak 60 orang. Metode pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini meliputti: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil posttest diperoleh hasil evaluasi peserta meningkat menjadi 80%. Sehingga terukur dengan jelas, 80% dari jumlah seluruh peserta telah memiliki pengetahuan mendalam tentang model pembelajaran mitigasi secara teoritik dan mampu menyusun perangkat pembelajara PAUD model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka. Pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD dalam peningkatan mutu pembelajaran PAUD menggunakan model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka di Kecamatan Banjarmasin Timur sejak usia dini.References
Agustiana, I. G. A. T., Wibawa, I. M. C., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Dan Ketahanmalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 97–105.
Cinantya, C., Wahyudi, M. D., & Maimunah, M. (2021). Development of Flood Disaster Mitigation Learning Model in Early Childhood Education. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 195–202. https://doi.org/10.17509/cd.v12i2.38849
Dewi, D. J. K. (2022). Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Annual Conference on Islamic Early Childhood …, 6, 15–22. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/885%0Ahttps://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/download/885/453
Pentury, H. J. (2018). Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung Di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.167
Suryani, I., Sari, S. A., & Milfayetty, S. (2017). Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 88. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maimunah Maimunah, Mohammad Dani Wahyudi, Sari Wahdati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.