STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRODUK KERIPIK NANAS DI DESA LUBUK ENAU

Indonesia-Inggris

Authors

  • Dwi Wardani Universitas Indo Global Mandiri
  • Rafika Sari Universitas Indo Global Mandiri
  • Prima Darma Putra Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19865

Keywords:

Pemasaran Online, Peningkatan Penjualan, Sosial Media

Abstract

Lubuk Enau adalah salah satu desa/kelurahan di kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Penduduk desa lubuk enau sangat ramah. Mayoritas mata pencaharian penduduk desa adalah pertanian, hasil perkebunan desa lubuk enau seperti kebun karet, kebun nanas, kebun melon kebun cabai dan kebun singkong. Sehingga para penduduk desa lubuk enau memanfaatkan hasil perkebunan mereka dengan cara membuat Keripik Nanas. Strategi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh seorang pengusaha untuk mencapai keuntungan yang terus meninngkat dalam penjualan. Seiring dengan perkembangan internet pelaku usaha peka pada perubahan teknologi sehingga memanfaatkan media internet sebagai sarana pemasaran Online. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran online Keripik Nanas di Desa Lubuk Enau, dengan harapan dapat memperoleh pangsa pasar yang memuaskan dan dapat meningkatkan pendapatan penjualan, serta memberikan wawasan pentingnya pemasaran online. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini diselesaikan dengan tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa dalam strategi pemasaran yang dilakukan bisa melalui Facebook, WhatsApp dan Instagram. Penerapan pemasaran online ini dapat meningkatkan penjualan dikarenakan konsumen lebih luas dan dapat mengetahui kualitas produk, serta dapat melakukan transaksi online melalui jarak jauh maupun jarak dekat.

References

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Visions and Ideas, 1(2), 188.

Azlam, R., & Asse, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING

WARUNK BAKSO MAS CINGKRANK DI MAKASSAR) Online Marketing Strategy (Case Study of

Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). In Jurnal Komunikasi KAREBA

(Vol. 7, Issue 2).

Ditta, O., Hidayati, N., Elva, M. E., Bahroni, D., & Munawaroh, S. (n.d.). LAPORAN PENGABDIAN KEPADA

MASYARAKAT FAKULTAS EBISYAR PRODI EKONOMI SYARIAH PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN

DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL PADA USAHA MIKRO.

Risal, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Palopo, M. (2017). Produksi dan Pemasaran Produk Olahan Rumput

Laut Home Industry Tanjung Ketupat Desa Munte Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara. In

Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, Issue 1).

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Wardani, D., Sari, R. ., Putra, P. D. ., & Purnamasari, E. D. . (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PRODUK KERIPIK NANAS DI DESA LUBUK ENAU: Indonesia-Inggris. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10260–10263. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19865

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.