PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL BERBASIS LOCAL BRANDING BAGI MASYARAKAT JATIGEDE SUMEDANG

Authors

  • Aat Ruchiat Nugraha Universitas Padjadjaran
  • Centurion C. Priyatna Universitas Padjadjaran
  • Iriana Bakti Universitas Padjadjaran
  • Agus Rahmat Universitas Padjadjaran
  • Yustikasari Yustikasari Universitas Padjadjaran
  • Retasari Dewi Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19813

Keywords:

Pelatihan, Local Branding, Proposal, Jatigede, Kearifan Lokal

Abstract

Local branding memiliki peran penting dalam memperkenalkan suatu lokasi, termasuk wilayah Jatigede. Ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh suatu lokasi dapat menjadi modal pembentukan local branding. Keberadaan local branding dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan objek wisata yang dikemas dengan baik, salah satunya melalui media komunikasi berupa proposal sponsorship. Namun, tidak semua masyarakat mengetahui cara membuat proposal sponsorship yang berbasis local branding. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan proposal sponsorship berbasis local branding desa di lingkungan kecamatan Jatigede. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan pelatihan yang diikuti oleh para tokoh masyarakat, aparat desa, dan tokoh pemuda yang berjumlah 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan dapat: (1) mengetahui dan memahami materi local branding; (2) mengidentifikasi potensi pembentukkan identitas local branding objek wisata; (3) membuat kerangka proposal sponsorship pembentukkan local branding objek wisata kawasan Jatigede Sumedang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta telah dapat membuat kerangka proposal sponsorship berbasis local branding yang mendukung pada pengembangan objek wisata Waduk Jatigede.

References

Ayem, S., Ballerina, T., Wahidah, U., Abinowo, A., Mujiyanti, S., & Hermawati, A. (2023). Peningkatan Kapasitas SDM Keuangan Melalui Implementasi TRi Pantangan Di Kalurahan Bangunjiwi, Kasihan, Bantul. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 42–53. https://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/viewFile/1247/637

Dillak, V. J., Prasetio, A. P., Nurbaiti, A., Yudowati, S. P., & Kurnia, K. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Proposal Bisnis Bagi Pengelola Desa Wisata Alamendah. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 403. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.578

Iriantara, Y., & Surachman, A. Y. (2006). Public Relations Writting: Pendekatan Teoretis dan Praktis. PT Simbiosa Rekatama Media.

Irianto, S., & Magaretha, R. (2011). Piil Pesenggiri: Modal Budaya dan Strategi Identitas Ulun Lampung. Makara, 15(2), 140–150.

Kapferer, J.-N. (2008). The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term. In P. Kotler (Ed.), Les Editions d’Organisation (4th ed.). Kogan Page. https://doi.org/10.1007/978-0-230-36367-0_7

Marhawati, B., Mas, S. R., & Sulkifly. (2023). Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Melalui Pengolahan Pangan Berbasis Kearifan Lokal. Community Development Journal, 4(3), 5559–5564. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3

Mindrut, S., Manolica, A., & Roman, C. T. (2015). Building Brands Identity. Procedia Economics and Finance, 20(15), 393–403. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00088-X

Novita, S., Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2024). Pelatihan Komunikasi Mitigasi Bencana untuk Pembina Pramuka di Wilayah Sesar Lembang. Profocio, 5(1), 24–30. https://doi.org/ersitas Islam Bandung DOI: https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.2909

Octaviana. (2016). Gambaran Branding Esgrim House Semarang Melalui Media Sosial. Jurnal The Messenger, 8(1), 51–56.

Putri, V. P., Satiti, N. R., & Anggriani, R. (2023). Pendampingan Pengolahan Ikan Mujair Karang Taruna Desa Dadapan Kecamatan Wajak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–37. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.920

Ramdan, A. T. M., Setianti, Y., & Nugraha, A. R. (2018). “Jatidiri Pasundan” Sebagai Branding Bandung Tv Dalam Menghadapi Tantangan Isi Siaran Di Era Digitalisasi. ProTVF, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13332

Rosyidi, & Hasanah, U. (2023). Penguatan Peran Masjid Sebagai Pusat Belajar Bagi Anak. Integritas: Jurnal Pengabdian, 7(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2491

Xu, H., Huang, X., & Zhang, Q. (2018). Tourism development and local borders in ancient villages in China. Journal of Destination Marketing and Management, 9(July 2017), 330–339. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2018.03.007

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Nugraha, A. R. ., Priyatna, C. C. ., Bakti, I. ., Rahmat, A., Yustikasari, Y., & Dewi, R. . (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL BERBASIS LOCAL BRANDING BAGI MASYARAKAT JATIGEDE SUMEDANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8989–8996. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19813

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.