PELATIHAN PEMBUATAN PROPOSAL BERBASIS LOCAL BRANDING BAGI MASYARAKAT JATIGEDE SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19813Keywords:
Pelatihan, Local Branding, Proposal, Jatigede, Kearifan LokalAbstract
Local branding memiliki peran penting dalam memperkenalkan suatu lokasi, termasuk wilayah Jatigede. Ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh suatu lokasi dapat menjadi modal pembentukan local branding. Keberadaan local branding dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan objek wisata yang dikemas dengan baik, salah satunya melalui media komunikasi berupa proposal sponsorship. Namun, tidak semua masyarakat mengetahui cara membuat proposal sponsorship yang berbasis local branding. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan proposal sponsorship berbasis local branding desa di lingkungan kecamatan Jatigede. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan pelatihan yang diikuti oleh para tokoh masyarakat, aparat desa, dan tokoh pemuda yang berjumlah 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan dapat: (1) mengetahui dan memahami materi local branding; (2) mengidentifikasi potensi pembentukkan identitas local branding objek wisata; (3) membuat kerangka proposal sponsorship pembentukkan local branding objek wisata kawasan Jatigede Sumedang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta telah dapat membuat kerangka proposal sponsorship berbasis local branding yang mendukung pada pengembangan objek wisata Waduk Jatigede.References
Ayem, S., Ballerina, T., Wahidah, U., Abinowo, A., Mujiyanti, S., & Hermawati, A. (2023). Peningkatan Kapasitas SDM Keuangan Melalui Implementasi TRi Pantangan Di Kalurahan Bangunjiwi, Kasihan, Bantul. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 42–53. https://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/viewFile/1247/637
Dillak, V. J., Prasetio, A. P., Nurbaiti, A., Yudowati, S. P., & Kurnia, K. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Proposal Bisnis Bagi Pengelola Desa Wisata Alamendah. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 403. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.578
Iriantara, Y., & Surachman, A. Y. (2006). Public Relations Writting: Pendekatan Teoretis dan Praktis. PT Simbiosa Rekatama Media.
Irianto, S., & Magaretha, R. (2011). Piil Pesenggiri: Modal Budaya dan Strategi Identitas Ulun Lampung. Makara, 15(2), 140–150.
Kapferer, J.-N. (2008). The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term. In P. Kotler (Ed.), Les Editions d’Organisation (4th ed.). Kogan Page. https://doi.org/10.1007/978-0-230-36367-0_7
Marhawati, B., Mas, S. R., & Sulkifly. (2023). Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Melalui Pengolahan Pangan Berbasis Kearifan Lokal. Community Development Journal, 4(3), 5559–5564. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3
Mindrut, S., Manolica, A., & Roman, C. T. (2015). Building Brands Identity. Procedia Economics and Finance, 20(15), 393–403. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00088-X
Novita, S., Wiwitan, T., & Yulianita, N. (2024). Pelatihan Komunikasi Mitigasi Bencana untuk Pembina Pramuka di Wilayah Sesar Lembang. Profocio, 5(1), 24–30. https://doi.org/ersitas Islam Bandung DOI: https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.2909
Octaviana. (2016). Gambaran Branding Esgrim House Semarang Melalui Media Sosial. Jurnal The Messenger, 8(1), 51–56.
Putri, V. P., Satiti, N. R., & Anggriani, R. (2023). Pendampingan Pengolahan Ikan Mujair Karang Taruna Desa Dadapan Kecamatan Wajak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–37. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.920
Ramdan, A. T. M., Setianti, Y., & Nugraha, A. R. (2018). “Jatidiri Pasundan” Sebagai Branding Bandung Tv Dalam Menghadapi Tantangan Isi Siaran Di Era Digitalisasi. ProTVF, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/ptvf.v1i1.13332
Rosyidi, & Hasanah, U. (2023). Penguatan Peran Masjid Sebagai Pusat Belajar Bagi Anak. Integritas: Jurnal Pengabdian, 7(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/integritas.v7i1.2491
Xu, H., Huang, X., & Zhang, Q. (2018). Tourism development and local borders in ancient villages in China. Journal of Destination Marketing and Management, 9(July 2017), 330–339. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2018.03.007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aat Ruchiat Nugraha, Centurion C. Priyatna, Iriana Bakti, Agus Rahmat, Yustikasari Yustikasari, Retasari Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










