MENGGALI POTENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN DIGITAL MARKETING PASCA PANDEMI PADA LEMBAGA KEMANUSIAAN (DOMPET UMAT)

Authors

  • Karsim Karsim Universitas Tanjungpura
  • Ikram Yakin Universitas Tanjungpura
  • Pramana Saputra Universitas Tanjungpura
  • Endah Mayasari Universitas Tanjungpura
  • Achmad Achmad Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19615

Keywords:

Pandemi, Dompet Ummat, Kewirausahaan, Digital Marketing

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan di seluruh dunia. Di tengah tantangan ini, lembaga kemanusiaan seperti Dompet Ummat memegang peranan penting dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Namun, untuk memaksimalkan dampaknya, Dompet Ummat perlu mencari cara untuk menggali potensi kewirausahaan dalam rangka keberlanjutan program kemanusiaannya. Salah satu pendekatan yang diambil melalui pemanfaatan digital marketing. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjelajahi bagaimana Dompet Ummat dapat menggali potensi kewirausahaan melalui digital marketing pasca pandemi. Kegiatan pengabdian antara dosen dan Tim Dompet Ummat melibatkan pelatihan digital marketing, analisis kebutuhan, pengembangan strategi digital marketing, dan pelaksanaan kampanye digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing telah memberikan banyak manfaat bagi Dompet Ummat. Dengan demikian, Dompet Ummat berhasil meningkatkan visibilitasnya di platform digital, mencapai lebih banyak donatur potensial, dan menggalang dana dengan lebih efektif. Selain itu, melalui kampanye digital, Dompet Ummat dapat lebih efisien dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dan menjalin keterlibatan yang lebih erat dengan masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi positif dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan, membuka peluang bagi lembaga kemanusiaan lainnya untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam rangka mencapai dampak sosial yang lebih besar. Di era pasca pandemi, pemanfaatan teknologi dan strategi digital marketing menjadi kunci untuk menjembatani kebutuhan masyarakat yang terdampak dan mendukung tujuan kemanusiaan secara berkelanjutan.

References

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V9i1.209

Ismail, I., Fauzan Putraga Al-Bahri, F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). Ibm Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia, 1(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.35870/Jpni.V1i1.3

Luluk Indarti. (2021). Menggali Penerapan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 241–252. Https://Doi.Org/10.30603/Tjmpi.V9i2.2276

Rahadi, D. R., & Susilowaty, E. (2018). Kreatifitas Kewirausahaan Sosial Dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1), 17–24. Https://Doi.Org/10.30813/Jpk.V1i1.1002

Sampurnawati, Agustina, T., Suryani, S., & Nasution, M. D. M. (2021). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Dalam Menggali Potensi Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1–8.

Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Tantangan Teknologi Digital Marketing Communication As A Technology Challenge (Vol. 1). Www.Amazara.Co.Id,

Usman, U., & Hapsari, V. R. (2022). Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Dengan Menggali Potensi Desa Berbasis Kearifan Lokal. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 1–8. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10is1.1888

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pkm Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.37481/Pkmb.V2i1.237

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Karsim, K., Yakin, I. ., Saputra, P. ., Mayasari, E. ., & Achmad, A. (2023). MENGGALI POTENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN DIGITAL MARKETING PASCA PANDEMI PADA LEMBAGA KEMANUSIAAN (DOMPET UMAT) . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8550–8556. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19615

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.