MENGGALI POTENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN DIGITAL MARKETING PASCA PANDEMI PADA LEMBAGA KEMANUSIAAN (DOMPET UMAT)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19615Keywords:
Pandemi, Dompet Ummat, Kewirausahaan, Digital MarketingAbstract
Pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan di seluruh dunia. Di tengah tantangan ini, lembaga kemanusiaan seperti Dompet Ummat memegang peranan penting dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Namun, untuk memaksimalkan dampaknya, Dompet Ummat perlu mencari cara untuk menggali potensi kewirausahaan dalam rangka keberlanjutan program kemanusiaannya. Salah satu pendekatan yang diambil melalui pemanfaatan digital marketing. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menjelajahi bagaimana Dompet Ummat dapat menggali potensi kewirausahaan melalui digital marketing pasca pandemi. Kegiatan pengabdian antara dosen dan Tim Dompet Ummat melibatkan pelatihan digital marketing, analisis kebutuhan, pengembangan strategi digital marketing, dan pelaksanaan kampanye digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing telah memberikan banyak manfaat bagi Dompet Ummat. Dengan demikian, Dompet Ummat berhasil meningkatkan visibilitasnya di platform digital, mencapai lebih banyak donatur potensial, dan menggalang dana dengan lebih efektif. Selain itu, melalui kampanye digital, Dompet Ummat dapat lebih efisien dalam menyampaikan pesan kemanusiaan dan menjalin keterlibatan yang lebih erat dengan masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi positif dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan, membuka peluang bagi lembaga kemanusiaan lainnya untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam rangka mencapai dampak sosial yang lebih besar. Di era pasca pandemi, pemanfaatan teknologi dan strategi digital marketing menjadi kunci untuk menjembatani kebutuhan masyarakat yang terdampak dan mendukung tujuan kemanusiaan secara berkelanjutan.References
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V9i1.209
Ismail, I., Fauzan Putraga Al-Bahri, F. P., Ahmad, L., & Salam, A. (2020). Ibm Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia, 1(1), 16–22. Https://Doi.Org/10.35870/Jpni.V1i1.3
Luluk Indarti. (2021). Menggali Penerapan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 241–252. Https://Doi.Org/10.30603/Tjmpi.V9i2.2276
Rahadi, D. R., & Susilowaty, E. (2018). Kreatifitas Kewirausahaan Sosial Dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1), 17–24. Https://Doi.Org/10.30813/Jpk.V1i1.1002
Sampurnawati, Agustina, T., Suryani, S., & Nasution, M. D. M. (2021). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Dalam Menggali Potensi Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung. Seminar Nasional Sistem Informasi, 1–8.
Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Tantangan Teknologi Digital Marketing Communication As A Technology Challenge (Vol. 1). Www.Amazara.Co.Id,
Usman, U., & Hapsari, V. R. (2022). Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Dengan Menggali Potensi Desa Berbasis Kearifan Lokal. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 1–8. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V10is1.1888
Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pkm Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.37481/Pkmb.V2i1.237
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Karsim Karsim, Ikram Yakin, Pramana Saputra, Endah Mayasari, Achmad Achmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.