THE INFLUENCE OF ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE AND LIFESTYLE ON PURCHASE INTENTION OF ECO-LABELED BEVERAGE PRODUCTS

Authors

  • Asri Ady Bakri Universitas Muslim Indonesia
  • Masbullah Masbullah ITSKES Muhammadiyah Selong
  • Dhiana Ekowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Megarkencana
  • Muhammad Ridhwan Universitas Serambi Mekkah
  • Basuki Winarno Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19364

Keywords:

Gaya Hidup, Minat Beli, Minuman Kemasan, Pengetahuan Lingkungan

Abstract

Pengukuran pengetahuan lingkungan generasi Z, analisis dampak pengetahuan lingkungan terhadap niat generasi Z membeli minuman kemasan, dan analisis pengaruh gaya hidup terhadap niat generasi Z membeli minuman kemasan menjadi tujuan utama penelitian ini. Untuk memperoleh data penelitian ini, survei online digunakan. Generasi Z, yang membeli barang-barang kemasan, merupakan populasi penelitian. SEM-PLS dengan SmartPLS adalah metode analisis yang digunakan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa anggota generasi Z memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap lingkungan. Kemungkinan melakukan pembelian sangat dipengaruhi oleh informasi lingkungan. Niat membeli secara signifikan dipengaruhi oleh gaya hidup.

References

Aman, A.H.L, A. Harun, And Z. Hussein. (2012). The Influence Of Environmental Knowledge And Concern On Green Purchase Intention The Role Of Attitude As A Mediating Variable. British Journal Of Arts And Social Sciences, 7 (2), 145 – 167.

Lumingkewas, C. S. (2016). Analisis Yuridis Pemaknaan Konsep Dalam Pasal 16 Undang-Undang Rumah Susun Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Arena Hukum, 9(3), 421-441.

Lumingkewas, C. S., Nimran, U., Raharjo, K., & Utami, H. N. (2019). Effect Of Job Insecurity To Organizational Commitment And Intention To Leave. Wacana Journal Of Social And Humanity Studies, 22(4).

Meisarah, F., Octiva, C. S., Sucipto, P. A., Satyaninrum, I. R., & Bakri, A. A. (2023). Improving Student Text Writing Ability By Utilizing The Use Of Augmented Reality Feature. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 129-134.

Satyaninrum, I. R. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Tkit Cahaya Ananda Depok. Genius: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 2(1), 15-30.

Kurniawati, H., Satyaninrum, I. R., Sayekti, S. P., & Rahmizar, P. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Melalui Outbound Pada Siswa Ra Al-Ghifary. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1(2), 128-137.

Purwantini, P., Satyaninrum, I. R., Kusumarini, E., Mardiati, M., & Vanchapo, A. R. (2023). The Analysis Of Relationship Between Achievement Motivation, Self-Efficacy And Students Social Laziness. Journal On Education, 6(1), 2094-2099.

Raharjo, I. B., Ausat, A. M. A., Risdwiyanto, A., Gadzali, S. S., & Azzaakiyyah, H. K. (2023). Analysing The Relationship Between Entrepreneurship Education, Self-Efficacy, And Entrepreneurial Performance. Journal On Education, 5(4), 11566-11574.

Harahap, M. A. K., Sutrisno, S., Raharjo, I. B., Novianti, R., & Ausat, A. M. A. (2023). The Role Of Msmes In Improving The Economy In Ramadan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1907-1911.

Tannady, H., Assery, S., Nugraha, J. P., Arta, D. N. C., & Raharjo, I. B. (2022). Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Fintech Melalui Disiplin Dan Motivasi Kerja. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 3(5), 3007-3016.

Raharjo, I. B., Tannady, H., Adinugroho, I., Kraugusteeliana, K., & Gultom, E. S. (2023). Analisis Peran Motivasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pelaku Industri Kuliner Di Provinsi Dki Jakarta. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 4(1), 616-623.

Masbullah, M., As, A., Mudzafaroh, N., Hariyadi, A., & Nurdiana, D. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), 92-101.

Masbullah, M. (2023). Implementasi Knowledge Management Untuk Mendorong Inovasi Dan Produktivitas Umkm Menggunakan Big Data Media Sosial. Jumintal: Jurnal Manajemen Informatika Dan Bisnis Digital, 2(1), 12–23.

Mas’od, A., & Chin, T. A. (2014). Determining Socio-Demographic, Psychographic And Religiosity Of Green Hotel Consumer In Malaysia. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 130, 479–489.

Kardini, N. L., Elshifa, A., Adiawaty, S., & Wijayanti, T. C. (2023). The Role Of Quality Human Resources In Developing Missions Of Future Universities In Indonesian Higher Education. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 49-59.

Yuniarti, A., & Muhtamar, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telekomunikasi Sengkang. Seiko: Journal Of Management & Business, 4(3), 375-384.

Faliza, N., Setiawan, R., & Agustina, W. (2024). The Effect Of Leadership Effectiveness And Islamic Work Motivation On Organization Performance With Islamic Work Ethics As A Moderating Variable. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 409-425.

Utami, Ristianawati Dwi Et Al. (2014). The Effect Of Knowledge, Concern And Attitudes On The Environment On Interest In Buying Green Products. Media Trend, 9(2), 151-161.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Bakri, A. A. ., Masbullah, M., Ekowati, D. ., Ridhwan, M. ., & Winarno, B. . (2023). THE INFLUENCE OF ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE AND LIFESTYLE ON PURCHASE INTENTION OF ECO-LABELED BEVERAGE PRODUCTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7914–7920. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19364

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.