PENYULUHAN SAY NO TO BULLYING SEBAGAI PENCEGAHAN BULLYING SISWA SDN KEDUNGSUMUR 3 SIDOARJO

Authors

  • Dwi Masithoh N.K.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hepy Yista Adeliya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tiara Juliar Subakti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Andini Dwi Ayu Febrianti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dana Marisa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nur Laili Rakhmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Feny Rita Fiantika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18842

Keywords:

Say No To Bullying, Pencegahan Bullying, Sekolah Dasar

Abstract

Perundungan atau bullying merupakan tindakan atau perilaku penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau kelompok yang dilakukan secara fisik, verbal maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Instrument dalam penelitian ini berupa angket kuesioner yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan tanda-tanda bullying yang sering terjadi dalam lingkungan sekolah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 43 orang merupakan anak SDN Kedungsumur 3 yang sedang duduk di kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat bentuk pelaku bullying berjenis laki – laki dan perempuan.

References

Amalia, R., Hendriana, B., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Media Komik Elektronik untuk Mengurangi Bullying pada Siswa Anak Usia Dini. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2391–2401.

Ayu Suciartini, N. N., & Unix Sumartini, N. L. P. (2019). Verbal Bullying Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152. https://doi.org/10.30659/j.6.2.152-171

Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2).

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2, 2–5.

Fadillah, A. N. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Aksi Perundungan. Jurnal Belo, 5(1), 86–100.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.

Fitrian, F. D., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2019). Menurunkan Perilaku Pelaku Perundungan Verbal Melalui Teknik Role Play Pada Siswa SMP Kristen 02 Salatiga. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 91–95.

Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116–122.

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Munawaroh, H., & Sangadah, Z. (2023). Dampak Bullying Terhadap Prestasi Peserta Didik SD/MI Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 110–123.

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying Di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 1–14.

Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada Tindakan Bullying Dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. Jpm-Unita (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(1), 9–16. http://jpm.usxiitapanuli.ac.id

Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Winarni, I., Lestari, R., Kedokteran, F., & Brawijaya, U. (n.d.). Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pendahuluan Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan secara berulang dan melibatkan adanya kekuatan fisik antara korban dan pelaku . Di Indonesia , Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ) merilis data ba. 2, 99–113.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

N.K.S, D. M., Adeliya, H. Y. ., Subakti, T. J. ., Febrianti, A. D. A. ., Marisa, D. ., Rakhmawati, N. L. ., & Fiantika, F. R. . (2023). PENYULUHAN SAY NO TO BULLYING SEBAGAI PENCEGAHAN BULLYING SISWA SDN KEDUNGSUMUR 3 SIDOARJO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7317–7323. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18842

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.