PENGGUNAAN E-COMMERSE SEBAGAI PENDUKUNG PEMASARAN PRODUK INOVASI EMPING SINGKONG UMKM MASYARAKAT DESA PETANANG

Authors

  • Reny Aryani Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Lesi Hartati Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • RM. Rum Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18679

Keywords:

: E-Commerce, Pemasaran, Emping Singkong

Abstract

E-commerce telah mengubah lanskap bisnis secara global, dan artikel ini membahas peran e-commerce dalam mendukung pemasaran inovasi produk emping singkong produksi UMKM masyarakat Desa Petanang, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim. Produk emping singkong merupakan makanan khas yang berbahan dasar singkong, memiliki cita rasa yang unik namun perlu mendapatkan penanganan pemasaran secara lebih baik, Metode analisis pasar digunakan untuk memahami preferensi konsumen dan trending di pasar makanan olahan. Kolaborasi melibatkan masyarakat lokal, ahli pangan, dan mahasiswa KKN-T Fakultas Ekonomi UIGM hingga menghasilkan solusi pemasaran yang lebih baik guna meningkatkan penjualan dan penghasilan masyarakat.  Beberapa upaya pendekatan pemasaran produk emping singkong dilakukan. Kegiatan ini mensosialisasikan penerapan e-commerce pada usaha masayarakat setempat sehingga dapat membantu mempromosikan dan meingkatkan penjualan produk emping singkong secara lebih efektif.

References

Arifin, N. Y., Suri, G. P., Veza, O., & Albertus, L. (2021). 239-Article Text-840-1-10-20210414. 9(1), 1–112.

Fadli, M. F. (2021a). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Pt. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001. Https://Doi.Org/10.51195/Iga.V11i1.148

Fadli, M. F. (2021b). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Pt. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001. Https://Doi.Org/10.51195/Iga.V11i1.148

Faizah, N. H. (2019a). Ukm Dalam Persaingan Di Era Globalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.26460/Mmud.V3i2.4378

Faizah, N. H. (2019b). Ukm Dalam Persaingan Di Era Globalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.26460/Mmud.V3i2.4378

Harsita, P. A., & Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19–27. Https://Doi.Org/10.14710/Agrisocionomics.V3i1.2469

Hertati, L., Hendarmin, R., Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Syafitri, L., & Munandar, A. (N.D.-A). Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima) Volume 1 Issue 4 (2022) Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Https://Ojs.Transpublika.Com/Index.Php/Prima/

Hertati, L., Hendarmin, R., Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Syafitri, L., & Munandar, A. (N.D.-B). Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima) Volume 1 Issue 4 (2022) Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Https://Ojs.Transpublika.Com/Index.Php/Prima/

Irmawati, D. (2011). Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – Issn: 2085-1375 Edisi Ke-Vi, November 2011. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 4(November), 113–121.

Komariah Hildayanti. (2022). Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commercedesa Kemang. Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commercedesa Kemang, 1–12.

Komariah Hildayanti, & Kurniawan, M. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86–102. Https://Doi.Org/10.35908/Jeg.V4i2.757

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2010). Chapter 1 - The Revolution Is Just Beginning. E-Commerce: Business. Technology. Society. Sixth Edition, 1–22.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V2i2.459

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., ????, ?., Taniredja, T., Faridli, E. Miftah., & Harmianto, S. (2016). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022a). Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 121–132.

Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022b). Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 121–132.

Rismawati, R., Saputri, R. R., Amaliyah, N., Ramdani, F., & Frifantio, A. N. (2022). Kesiapan Digitalisasi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pengolahan Kerupuk Sangrai Di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Prosiding Senimar Nasional Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh, 373.

Santoso, A. C. (2017). Strategi Pemasaran Dengan Mengurangi Komplain Konsumen Pada Ukm Skd. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Unisbank, 151–158.

Saputro, A., Marchelia, E., Avirsa, N., Sari, E. N., Erlitasari, N., Suyitno, I., & Hariri, A. (2019). Pengemasan Produk Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Industri Kerupuk Emping (Kruping). Jurnal Graha Pengabdian, 1(1), 71–77.

Sari, D. R., Shellamitha, D., Pratama, Y., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafri, L., & Munandar, A. (2022). Pkm Pengembangan Produk Lokal Singkong Menjadi Keripik Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang Program Mbkm Kkn Tematik. Prima?: Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.55047/Prima.V2i1.326

Wardani, W. S., & Utami, N. N. (2020). Pengaruh Iq, Eq, Ocb , Dan Sq Terhadap Kinerja Pada Civitas Akademika Stie Asia Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(2), 155–160. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V14i2.158

Widiya, A., Anggraini, L. D., Ratu, M. K., & Purnamasari, E. D. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Penjualan (Hpp) Dan Harga Jual Pada Umkm Kerupuk Dan Kemplang Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1462. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10457

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Aryani, R. ., Hildayanti, S. K. ., Hartati, L. ., & Hendarmin, R. R. . (2023). PENGGUNAAN E-COMMERSE SEBAGAI PENDUKUNG PEMASARAN PRODUK INOVASI EMPING SINGKONG UMKM MASYARAKAT DESA PETANANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7101–7108. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18679

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.