PENGGUNAAN E-COMMERSE SEBAGAI PENDUKUNG PEMASARAN PRODUK INOVASI EMPING SINGKONG UMKM MASYARAKAT DESA PETANANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18679Keywords:
: E-Commerce, Pemasaran, Emping SingkongAbstract
E-commerce telah mengubah lanskap bisnis secara global, dan artikel ini membahas peran e-commerce dalam mendukung pemasaran inovasi produk emping singkong produksi UMKM masyarakat Desa Petanang, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim. Produk emping singkong merupakan makanan khas yang berbahan dasar singkong, memiliki cita rasa yang unik namun perlu mendapatkan penanganan pemasaran secara lebih baik, Metode analisis pasar digunakan untuk memahami preferensi konsumen dan trending di pasar makanan olahan. Kolaborasi melibatkan masyarakat lokal, ahli pangan, dan mahasiswa KKN-T Fakultas Ekonomi UIGM hingga menghasilkan solusi pemasaran yang lebih baik guna meningkatkan penjualan dan penghasilan masyarakat. Beberapa upaya pendekatan pemasaran produk emping singkong dilakukan. Kegiatan ini mensosialisasikan penerapan e-commerce pada usaha masayarakat setempat sehingga dapat membantu mempromosikan dan meingkatkan penjualan produk emping singkong secara lebih efektif.References
Arifin, N. Y., Suri, G. P., Veza, O., & Albertus, L. (2021). 239-Article Text-840-1-10-20210414. 9(1), 1–112.
Fadli, M. F. (2021a). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Pt. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001. Https://Doi.Org/10.51195/Iga.V11i1.148
Fadli, M. F. (2021b). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Pt. Telkom Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra, 11(1), 001. Https://Doi.Org/10.51195/Iga.V11i1.148
Faizah, N. H. (2019a). Ukm Dalam Persaingan Di Era Globalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.26460/Mmud.V3i2.4378
Faizah, N. H. (2019b). Ukm Dalam Persaingan Di Era Globalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127–135. Https://Doi.Org/10.26460/Mmud.V3i2.4378
Harsita, P. A., & Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19–27. Https://Doi.Org/10.14710/Agrisocionomics.V3i1.2469
Hertati, L., Hendarmin, R., Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Syafitri, L., & Munandar, A. (N.D.-A). Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima) Volume 1 Issue 4 (2022) Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Https://Ojs.Transpublika.Com/Index.Php/Prima/
Hertati, L., Hendarmin, R., Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Syafitri, L., & Munandar, A. (N.D.-B). Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima) Volume 1 Issue 4 (2022) Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Https://Ojs.Transpublika.Com/Index.Php/Prima/
Irmawati, D. (2011). Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – Issn: 2085-1375 Edisi Ke-Vi, November 2011. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 4(November), 113–121.
Komariah Hildayanti. (2022). Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commercedesa Kemang. Pengabdian Kkn Tematik Mahasiswa Uigm Pelatihan Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Dan Desain Kemasan Penjualan E-Commercedesa Kemang, 1–12.
Komariah Hildayanti, & Kurniawan, M. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global, 4(2), 86–102. Https://Doi.Org/10.35908/Jeg.V4i2.757
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2010). Chapter 1 - The Revolution Is Just Beginning. E-Commerce: Business. Technology. Society. Sixth Edition, 1–22.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. Https://Doi.Org/10.33650/Edureligia.V2i2.459
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., Yulia Citra, A., Schulz, N. D., ????, ?., Taniredja, T., Faridli, E. Miftah., & Harmianto, S. (2016). Digitalisasi Umkm Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat Umkm Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022a). Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 121–132.
Nauly, A. D., Pebianti, A., Cahyani, M., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafitri, L., & Munandar, A. (2022b). Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Umkm Olahan Keripik Singkong Rasa Gurih Pedas Melalui Kemasan Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik Di Desa Petanang. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 121–132.
Rismawati, R., Saputri, R. R., Amaliyah, N., Ramdani, F., & Frifantio, A. N. (2022). Kesiapan Digitalisasi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pengolahan Kerupuk Sangrai Di Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Prosiding Senimar Nasional Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh, 373.
Santoso, A. C. (2017). Strategi Pemasaran Dengan Mengurangi Komplain Konsumen Pada Ukm Skd. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Unisbank, 151–158.
Saputro, A., Marchelia, E., Avirsa, N., Sari, E. N., Erlitasari, N., Suyitno, I., & Hariri, A. (2019). Pengemasan Produk Sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Industri Kerupuk Emping (Kruping). Jurnal Graha Pengabdian, 1(1), 71–77.
Sari, D. R., Shellamitha, D., Pratama, Y., Hertati, L., Hendarmin, R., Syafri, L., & Munandar, A. (2022). Pkm Pengembangan Produk Lokal Singkong Menjadi Keripik Singkong Rasa Balado Khas Desa Petanang Program Mbkm Kkn Tematik. Prima?: Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11–19. Https://Doi.Org/10.55047/Prima.V2i1.326
Wardani, W. S., & Utami, N. N. (2020). Pengaruh Iq, Eq, Ocb , Dan Sq Terhadap Kinerja Pada Civitas Akademika Stie Asia Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(2), 155–160. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V14i2.158
Widiya, A., Anggraini, L. D., Ratu, M. K., & Purnamasari, E. D. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Penjualan (Hpp) Dan Harga Jual Pada Umkm Kerupuk Dan Kemplang Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1462. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10457
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reny Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










