MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 99 SELUMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18400Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi, NumerasiAbstract
Potensi wisata desa adalah sumber daya atau aset yang dimiliki oleh suatu desa dan dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menarik. Beberapa aspek yang biasanya menjadi potensi wisata desa terdiri atas : Aspek alam, budaya, sejarah, dan sumber daya manusia yang memiliki peranan penting berapa besar keberhasilan progam pada nantinya. Pemanfaatan teknologi media komunikasi pada era milenial telah digunakan oleh masyarakat khususnya pada masyarakat yang ada di Desa sekalipun, khususnya pada media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok. Penelitian yang akan dilakukan akan mempelajari proses bagaimana peran Karang Taruna Desa Lengkong Kulon memanfaatkan media tersebut sebagai bagian dari promosi, salah satunya melalui peningkatan aspek audio visual menggunakan aplikasi CapCut. CapCut adalah sebuah aplikasi pengeditan video yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode campuran dengan metode sosialisasi dan pelatihan, sehingga mampu menjadi peran kunci dalam meningkatkan potensi wisata yang ada di Desa Lengkong, yaitu kawasan makam pahlawan nasional Raden Aria Wangsakara, dimana tokoh tersebut memiliki pengaruh sangat kuat bagi masyarakat Banten, khususnya wilayah Tangerang. Selain potensi wisata tersebut, dengan sosialisasi dan pelatihan dapat menemukan pengembangan area wisata lain melalui kegiatan promosi menggunakan audio visual yang menarik dan tidak membutuhkan waktu yang relatif panjang dan ruang editor profesional pada umumnya.References
Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(2), 61–69.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Haqimurosyad, A. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Teknik Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Materi Cerita Peristiwa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 101–110.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869–877.
Meliyanti, Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi Dan Numerasi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). No TitleLiterasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Qasim, K., & A. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.
Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Roza Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.